Dukung Milenial Berwirausaha, Pemkab Gresik Gelar FGD Gresik Jagoan

Wabup Aminatun Habibah didampingi Wakil Ketua DPRD Mujid Riduan dan Kadis Pemuda dan Olahraga Nuri Mardiana saat akan membuka kegiatan FGD. SP/GRS

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Untuk lebih memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan dukungan terhadap para milenial dalam kewirausahaan, dan sekaligus menyukseskan nawa karsa program 99 hari kerja Bupati Gresik Fandi Akmad Yani.

Pemkab Gresik melalui Dinas pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Forum Grup Discussion Gresik Jagoan yang mengambil tema Start-up Gresik bangkit bersama Gresik Jagoan.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah atau yang akrab disapa Ning Min bersama Wakil Ketua DPRD Gresik Mujib Ridwan membuka kegiatan yang diikuti 60 orang, bertempat di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) II pada Selasa (25/5/2021).

Dalam sambutannya, Ning Min menyebutkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah generasi milenial di Kabupaten Gresik mencapai 32,6 persen atau 432.821 orang.

“Jumlah generasi milenial yang besar membutuhkan pengelolaan dan pendekatan kebijakan yang tepat, sehingga bisa menjadi bonus demografi dan bukan menjadi bencana demografi,” katanya.

Menurutnya, pengelolaan dan kebijakan yang tepat diharapkan mampu mendorong penurunan angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Gresik yang saat ini sebesar 8,21 persen.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap ada peningkatan investasi untuk industrialisasi serta MKM. Kebijakan yang inovatif dan strategis merupakan salah satu cara untuk mendorong minat generasi milenial untuk berwirausaha,” tandasnya.

Wabup juga menyampaikan pendapat salah seorang pemilik star-up terkemuka, katanya ekonomi akan maju bila banyak masyarakatnya yang berwirausaha.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Nuri Mardiana mengatakan bahwa tujuan kegiatan FGD, start-up Gresik bangkit bersama Gresik Jagoan merupakan program pemberdayaandan pengembangan wirausaha pemuda.

Gresik Jagoan adalah jaringan komunitas anak muda berwirausaha. Selama tahun 2021, kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua kali.

Untuk kali pertama ini selain para wirausaha milenial, kami juga mengundang para stakeholder para pemangku kepentingan dari unsur lembaga pendidikan, perguruan tinggi, pondok pesantren, perbankan dan perusahaan.

Pembicara dan narasumber kegiatan ini adalah Tyas Ajeng Nastiti, founder/CEO of Sekarves Indonesia dan Assessor for Indonesia Creative City Network; Alfina co founder PT Monura Putra Nelayan Gresik; Gigih Prihantono, dosen FEB Unair (tim ahli bupati) dan Dhimas Arya Putra, owner Geprek Mang Soetta.