Dukung Pemkot Surabaya Majukan Sentra Ikan Bulak, Farmasi Unair Beri Pelatihan ke Produsen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Sep 2022 17:07 WIB

Dukung Pemkot Surabaya Majukan Sentra Ikan Bulak, Farmasi Unair Beri Pelatihan ke Produsen

i

Foto bersama tim pengabdian masyarakat Farmasi Unair dengan para produsen dan pedagang Sentra Ikan Bulak Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Upaya pemerintah kota Surabaya dalam memajukan industri perikanan di kota pahlawan, mendapat dukungan dari civitas akademika Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair).

Berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Sentra Ikan Bulak Surabaya, Fakultas Farmasi Unair berupaya memberikan pelatihan terkait peningkatan kualitas dan kuantitas produk ikan dan hasil olahannya.

Baca Juga: Empat Kampus di Surabaya, ikut Bergolak

"Jadi ini adalah bagian dari pengabdian kami kepada masyarakat. Tujuan kami adalah memberikan pemahaman dan melatih para produsen dan pedagang ikan di Sentra Ikan Bulak, tentang cara pemilihan bahan tambahan pangan (BTP) khususnya produk ikan dan olahannya," kata Ketua Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi Unair Helmy Yusuf, Ph.D kepada Surabaya Pagi, Minggu 25/09/2022).

Lebih lanjut Helmy menyebutkan, dalam memajukan Sentra Ikan Bulak tidak hanya mengandalkan peran pemerintah, melainkan peran aktif dari masyarakat dan seluruh civitas akademika yang ada di Surabaya juga sangat diperlukan.

Mengingat hingga saat ini, pemerintah Surabaya telah menganggarkan kurang lebih sekitar Rp4,8 miliar dalam upaya melalukan Pengembangan wisata terintegrasi di kawasan Sentra Ikan Bulak (SIB).

Tentunya selain penyediaan fasilitas, peningkatan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan para produsen dan pedagang juga tak kalah penting untuk ditingkatkan.

Oleh karenanya Helmy berharap, dengan adanya pelatihan dari Fakultas Farmasi Unair mampu menjadi katalisator dalam menunjang perbaikan produk dan olahan ikan di Sentra Ikan Bulak ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Aksi Ksatria Muda Airlangga, Tandingan UNAIR Memanggil?

"Kita berharap literasi produsen dan pedagang ikan di Sentra Ikan Bulak Surabaya khususnya yang berkaitan dengan bahan kimia pangan dalam pengolahan ikan seperti formalin, MSG dan lain-lainnya semakin baik," katanya.

"Dan kita juga memberikan pelatihan terkait bagaimana cara pengawetan, dengan pengasapan dan penggunaan es atau freezer yang baik dan benar kepada mereka," tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan Ibu Supriyatin menyampaikan apresiasinya kepada tim pengabdian masyarakat fakultas Farmasi Unair.

Baca Juga: Keresahan atas Pelaksanaan Pilpres 2024, Dirasakan juga oleh Puluhan Dosen Unair dan Unesa

Menurutnya, dengan adanya pelatihan tersebut ia dapat mengetahui tentang cara pemilihan bahan tambahan produk dan penggunaan bahan kimia pangan terutama pada produk ikan dan olahannya.

"Saya sangat berterimakasih dengan adanya pelatihan yang diberikan. Semoga kedepannya ada lagi pelatihan yang seperti ini. Karena ternyata ada bahan kimia yang seharusnya tidak boleh digunakan untuk olahan ikan. Dan ini sangat penting," katanya.

"Saya juga kaget ternyata ada banyak sekali nama bahan kimia dan itu baru saya tahu setelah ada pelatihan ini. Selama ini kita hanya gunakan saja tanpa tahu sifatnya. Sehingga menurut saya pelatihan ini sangat penting untuk diikuti," pungkasnya lagi.sb

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU