Dukung Penghijauan, PWI Jatim Tanam 1000 Bibit di Lamongan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 15 Feb 2021 20:40 WIB

Dukung Penghijauan, PWI Jatim Tanam 1000 Bibit di Lamongan

i

Bupati bersama Wabup, Dandim, Kapolres, Ketua PWI Jatim dan Lamongan menanam pohon di Lapangan Gajah Mada. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Masih dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan Ulang Tahun PWI ke 75, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim bekerja sama dengan PWI Lamongan, pada Senin (15/2/2021) menggelar penghijauan dengan menanam 1000 bibit pohon berbagai jenis di Lapangan Gajah Mada, di belakang Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan.

Penanaman simbolis dilakukan oleh bupati Fadeli, Wabup Kartika Hidayati, Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, Ketua PWI Jatim Ainur Rohim, Kepala BLH Lamongan Anang Taufi, Kepala Dinas PU Perkim Suyatmoko,  Wakil ADM Utama Mojokerto Perhutani KPH Mojokerto Tito Darmawan, Ketua PWI Lamongan Bachtiar Febrianto.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

Bupati Lamongan H Fadeli dalam sambutannya menyampaikan, sangat tepat penghijauan dilakukan di Lapangan Gajah Mada. Giat ini akan mengangkat nama Gajah Mada. Pasalnya, nama Gajah Mada ini melekat dengan Lamongan. "Biarkan daerah lain mengklaim bahwa Gajah Mada berasal dari daerah tersebut. Tapi kami juga punya bukti kuat bahwa pemilik Sumpah Palapa itu putra Lamongan. Dia lahir dan dibesarkan di desa mana, ibunya siapa dan dimakamkan di mana, sahabatnya siapa. Semua ada di Lamongan," katanya.

Bupati Fadeli juga menyampaikan banyak terima kasih kepada PWI Lamongan dan PWI Jatim yang banyak mengekspos potensi Lamongan. Terutama soal Lamongan yang merupakan lumbung pangan Jatim dan nasional. 

Potensi ini tidak lepas gebrakan di bidang pertanian. Untuk padi saja produksinya sampai 1 juta ton lebih pertahun. "Lahan daerah lain boleh lebih luas, tapi produksi padi Lamongan lebih banyak", katanya.

Baca Juga: PPP Lamongan Mulai Bidik Calon Lain yang Mampu Bawa Angin Perubahan

Gebrakan juga terjadi pada budidaya jagung. Sebelumnya, produktivitas jagung Lamongan baru 5 ton per hektar. Kini, produktivitas jagung Lamongan berkembang menjadi 10 ton perhektar.  "Memang ada dibawa  10 ton perhektar, tapi di kawasan jagung produktivitasnya bisa 10 ron lebih", katanya.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih atas terselenggaranya acara ini,  utamanya kepada bupati Fadeli, wabup, Kodim 0812 Lamongan, Polres,  BLH, Dinas Perkim dan PWI Lamongan. "Tentu saja semua pihak yang tidak mungkin saya sebut satu persatu," katanya.

Lebih jauh Ainur Rohim menyampaikan, pada HPN 2021 ini, salah satu giat yang dilakukan  PWI Jatim diantaranya menggelar penghijauan.

Baca Juga: Songsong Pilbup, PKB Lamongan Segera Membentuk Desk Pilkada

Sebab penghijauan ini salah satu langkah untuk menjaga kelestarian alam. "Terlebih sekarang banyak tanah longsor. Jadi penghijauan ini sangat penting untuk masa mendatang," katanya.

Ketua PWI Lamongan Bachtiar Febrianto dalam laporannya menyampaikan, pada giat penghijauan PWI Jatim ini menanam 1000 bibit pohon. Dari pohon peneduh termasuk mahoni, jati juga pohon produktif termasuk kelengkeng, advokat, jambu, nangka. "Kami juga menyampaikan banyak terimakasih atas dukungan semua pihak," pungkasnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU