Dukung UMKM Go Digital, Diskop dan UKM Jatim Permudah Beragam Layanan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Jul 2023 15:50 WIB

Dukung UMKM Go Digital, Diskop dan UKM Jatim Permudah Beragam Layanan

i

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kiri) bersama Kepala Diskop dan UKM Provinsi Jatim Andromeda Qomariah (ketiga kanan) saat Kopdar Raodshow Klinik UMKM di Pasar Sememi, Surabaya. Foto: Diskop dan UKM Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menargetkan terbentuknya 30 Juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Go Digital hingga akhir 2024.

Guna membantu mewujudkan target tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Provinsi Jawa Timur (Jatim) akan memberikan berbagai jenis layanan penguatan kepada UMKM di Jatim. Mulai dari layanan Sertifikasi Halal, Merek, SNI, HACCP, PIRT, Kemasan hingga pelayanan NIB.

Baca Juga: Serahkan Bansos, Khofifah Terus Tekan Kemiskinan Ekstrem Hingga Cegah Pelaku UMKM Terjerat Rentenir

Kepala Dinkop dan UKM Provinsi Jatim Andromeda Qomariah menilai, layanan-layanan tersebut penting diberikan kepada para pelaku UMKM untuk memacu kualitas saat mereka sudah Go Digital.

"Kalau UMKM sudah Go Digital, maka pangsa pasarnya luas tak terbatas, jadi secara kualitas UMKM harus siap," kata Andromeda Qomariah saat Kopdar Roadshow Klinik UMKM bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Pasar Sememi, Surabaya, Senin (10/7/2023).

Andromeda menyebut, beberapa fasilitas layanan yang siap diberikan di antaranya yakni memfasilitasi pendaftaran merek bagi UKM, pendaftaran halal untuk UKM, dan pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UKM.

"Ada juga fasilitasi desain, logo, kemasan, dan foto kemasan. Kemudian fasilitasi uji lab bagi UKM untuk percepatan Izin Edar Produk, serta pendampingan Good Manufacturing Practices (GMP), Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), International Organization for Standardization (ISO), Standar Nasional Indonesia (SNI), hingga proses sertifikasi bagi UKM," terangnya.

Baca Juga: GadePreneur Hadir Lagi Untuk Dukung UMKM Naik Kelas

Selain itu, ada juga "UMKM Corner" atau layanan konsultasi hingga layanan jemput bola dari Diskop-UKM Jatim.

"Layanan jemput bola sudah sering dilakukan. Bahkan hampir di setiap event Pemprov Jatim yang melibatkan UMKM kami selalu membuka stand khusus. Dengan harapan masyarakat akan semakin banyak yang memanfaatkan layanan ini," ujarnya.

Untuk layanan fasilitasi perizinan usaha, lanjutnya, bisa diakses setiap hari dan masyarakat cukup mengakses media sosial maupun website Diskop-UKM Jatim untuk mendaftarkan perizinan yang dibutuhkan serta semua biayanya gratis.

Baca Juga: Hadiri Gebyar Produk KKN, Bupati Ikfina Apresiasi Mahasiswa Untag

"Bahkan untuk pengurusan NIB, kita sering datang langsung ke lokasi jika ada yang mau mengurus NIB secara komunal. Seperti kemarin di Tulungagung kita fasilitasi 50 pelaku usaha para eks pekerja migran yang kemudian membuka usaha dan ingin membuat NIB," ungkapnya.

Ia mengungkapkan layanan fasilitasi perizinan usaha bisa diakses setiap hari. Masyarakat cukup mengakses media sosial maupun website Diskop-UKM Jatim untuk mendaftarkan perizinan yang dibutuhkan tanpa pungutan biaya apapun alias gratis.

“Bahkan untuk pengurusan NIB, kita sering datang langsung ke lokasi jika ada yang mau mengurus NIB secara komunal. Seperti kemarin di Tulungagung kita fasilitasi 50 pelaku usaha para eks pekerja migran yang kemudian membuka usaha dan ingin membuat NIB," pungkasnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU