Dukungan Calon Ketua Demokrat Jatim Akan Diverifikasi Faktual

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 18 Jan 2022 15:59 WIB

Dukungan Calon Ketua Demokrat Jatim Akan Diverifikasi Faktual

i

Wasekjen DPP PD Renanda (kanan) didampingi Ketua SC Musda VI Demokrat Jatim Reno Zulkarnain dan Ketua OC Samwil di Surabaya, 17/1/2022.SP/RKO

SURABAYAPAGI, Surabaya -  DPD Partai Demokrat Jawa Timur dipastikan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke VI DPD Partai Demokrat Jawa Timur di Hotel Shangri La Surabaya 20 Januari 2022. Sejumlah agenda mulai pembukaan, Laporan Pertanggung Jawaban pengurus lama hingga pemilihan Ketua DPD PD Jatim periode 2021-2026.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PD, Renanda Bachtiar menjelaskan, sehari sebelum pembukaan Musda, perwakilan DPP akan terlebih dulu melakukan verifikasi faktual berkas dukungan bakal calon, sekaligus memutuskan lolos tidaknya bakal calon menjadi calon ketua dalam Musda.

Baca Juga: Demokrat Optimistis Khofifah Kembali Gandeng Emil Dardak

"Kalau ada dukungan ganda, maka yang disahkan adalah dukungan yang pertama. Kecuali ada pencabutan dukungan yang pertama, maka yang disahkan adalah dukungan yang terakhir," tegas Renanda. 

Menurut Renanda, banyaknya dukungan ketua DPC yang diberikan kepada calon ketua DPD belum menjadi jaminan yang bersangkutan akan ditetapkan tim 3 DPP menjadi ketua DPD terpilih. Alasannya, masih ada beberapa tahapan yang menjadi pertimbangan DPP sebelum memutuskan nama ketua terpilih. 

"Musda ini hanya menentukan maksimal 3 nama calon ketua. Tim 3 DPP nanti akan memanggil para calon ketua yang dipilih di Musda itu untuk dilakukan fit and proper test, dilihat curriculum Vitae-nya, lalu rekam jejaknya dan menyampaikan visi misi strategi calon ketua DPD untuk membesarkan Partai Demokrat di Jawa Timur," beber Renanda, Senin 17/1/2022.

Baca Juga: Demokrat tak Ngereken Jatah Menteri

Ketua Steering Committee (SC) Musda ke VI DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Reno Zulkarnaen mengatakan, persiapannya sudah 100 persen dan akan dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat.

Dijelaskan Reno, sesuai dengan ketentuan Pasal 80 AD/ART Partai Demokrat, agenda yang dibahas di Musda itu meliputi 4 hal. Yakni menilai laporan pertanggungjawaban, mengusulkan calon ketua DPD sebanyak-banyaknya tiga nama ke DPP,  menetapkan tim formatur, dan menyusun program kerja. “Jadi sekali lagi Musda itu bukan untuk memilih ketua terpilih tapi hanya mengusulkan calon ketua terpilih ke DPP," jelas Reno Zulkarnaen, Senin (17/1/2022).

Menurut Reno, total suara yang punya hak di Musda berjumlah 40 suara. Rinciannya, 38 suara DPC PD Kabupaten/Kota, 1 suara DPD PD Jatim dan 1 suara DPP PD. "Sesuai ketentuan PO syarat bakal calon ketua DPD minimal mendapat dukungan 20 persen dari total jumlah suara. Kalau di Jatim minimal mendapat dukungan 8 DPC," jelas anggota Komisi A DPRS Jatim.

Baca Juga: Demokrat Juluki PDIP Partai Sombong

Senada, ketua Organization Committee (OC) Musda VI DPD Partai Demokrat Jawa Timur H Samwil menambahkan, bahwa pelaksanaan Musda Partai Demokrat Jawa Timur juga memenuhi protokol kesehatan. 

"Seluruh peserta termasuk media sebelum memasuki ruang sidang Musda akan diswab antigen, dan kita pilih ruangan yang terbesar agar sesuai dengan protokol kesehatan," kata anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Timur ini. rko

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU