EBook Merdeka Berpikir Jadi Kado Istimewa Dies Natalis Ke-39 Unitomo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Agu 2020 19:43 WIB

EBook Merdeka Berpikir Jadi Kado Istimewa Dies Natalis Ke-39 Unitomo

i

Tampilan buku EBook Merdeka Berpikir. SP/BYTA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Bersamaan dengan momentum memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, serta dalam rangka memperingati dies natalis Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) ke-39.

Universitas Dr. Soetomo Surabaya telah meluncurkan karya bunga rampai karya tulis civitas akademika Unitomo yang berjudul : Merdeka Berpikir : Catatan Harian Covid-19.

Baca Juga: Jelang MPLS 2023, SMP Tenggilis Jaya Surabaya Hanya Punya 1 Siswa

Karya sivitas yang berujud eBook ini merupakan kumpulan dari 95 tulisan karya sivitas akademika Unitomo yang terdiri dari dosen, mahasiswa, karyawan dan alumni.

Menurut Methiana Indrasari, Wakil Rektor IV Unitomo bahwa dengan terbitnya eBook ini membuktikan bahwa sivitas akademika Unitomo selama masa pandemi covid-19  dan work from home (WFH) tetap kreatif menulis dan terus mengasah intelektual dan literasinya di bidang masing-masing.

“EBook yang bersifat gratis dan bisa diunduh di laman repository Unitomo dan Google ini merupakan sumbangsih pemikiran sivitas Unitomo selama masa pandemi buat bangsa Indonesia dan Republik ini yang telah berusia 75 tahun. Dan sebagai kampus Kebangsaan dan Kerakyatan serta cita-cita luhur pahlawan Dr.Soetomo, kami selalu berinisiasi dan berjuang bagi bangsa untuk tetap berkarya dalam situasi apa pun”, papar Methiana.

Baca Juga: Sri Sultan HBX sampai Mahfud MD Berkumpul di Surabaya Gagas Sumpah Peradaban Bangsa

Dalam kesempatan terpisah Bachrul Amiq Rektor Unitomo mengaku sangat mengapresiasi karya eBook ini. Menurutnya momentum peluncurannya yang dilaksanakan saat HUT-RI ini sangat istimewa, dimana 31 Juli 2020 lalu, tepat di hari ulang tahun Unitomo ke 39, situasi masih sangat memprihatinkan karena pandemi Covid-19.

Dimana suasana kampus masih lengang karena dosen dan karyawan sedang menjalani anjuran pemerintah untuk WFH,  sementara mahasiswa pun sedang menjalani belajar dari rumah.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Anak Muda Sekarang Tidak Suka Bekerja di Kantor

“Terbitnya eBook ini sungguh benar-benar menjadi kado yang istimewa bagi keluarga besar Unitomo. Barangkali karya eBook gratis yang berisi 562 halaman ini bisa dianggap sebagai pengganti semaraknya rangkaian kegiatan Dies Natalis yang tahun ini terpaksa tidak diselenggarakan karena adanya pandemi Covid-19,”ujar Amiq

“Saya  mengucapkan penghargaan dan terima kasih buat para kontributor dan tim Unitomo Press yang telah berhasil menerbitkan buku ini. Semoga pandemi ini bisa segera berlalu, dan kita diberi umur panjang serta kesehatan agar bisa terus berkarya memajukan bangsa. Dan Tuhan YME meridloi niat baik kita semua. Amin,” imbuh Amiq menutup percakapan. Byt

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU