Home / Politik : ANALISA BERITA

Elektabilitas Puan Masih Rendah, Mending Capreskan Ganjar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 16 Jan 2023 19:35 WIB

Elektabilitas Puan Masih Rendah, Mending Capreskan Ganjar

i

Ikhwan Arif, Direktur Eksekutif Indonesia Political Power

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menjadi sorotan, setelah Puan mengatakan bahwa bakal capres PDIP tidak harus dirinya sendiri.

Wajar hal itu ia sampaikan, selain Puan masih patuh pada aturan dan pesan Ketua Umum PDIP yang juga Ibu kandungnya sendiri, elektabilitasnya juga masih rendah dibandingkan Ganjar.

Baca Juga: Pengamat Politik: Ganjar Hancur Lebur, Karena....

Menurut saya ada plus minusnya dari pernyataan Puan, pernyataan tersebut menunjukkan kedisiplinan kader partai dalam keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa keputusan capres tegak lurus terhadap keputusan ketua umum.

Menurut saya, memang sejauh ini kader partai PDIP sangat disiplin perihal tidak terburu-buru mendeklarasikan diri sebagai bakal capres dan cawapres. Namun saya melihat ada alasan lain.

Di lain sisi pernyataan ini menunjukkan bahwa Puan dinilai pasrah terhadap keputusan ketua umumnya sendiri, secara tidak langsung bisa saja Puan memberikan kesempatan besar bagi Ganjar Pranowo sebagai bakal capres.

Baca Juga: Megawati Dipastikan Puan, Ramaikan Kampanye Akbar

Karena sejauh ini kalau kita korelasikan terhadap faktor elektabilitas mungkin Ganjar lebih berpeluang besar mendapatkan tiket capres.

Hal utama yang diperlihatkan dari keduanya, keduanya hingga hari ini tidak terburu-buru mendeklarasikan diri untuk maju sebagai capres. Maka sikap ini lebih kepada kedisiplinan kader partai PDIP dalam mematuhi instruksi Ketua Umumnya sendiri.

Lebih lanjut, tidak bisa dipungkiri secara tidak langsung Puan Maharani bisa saja melakukan citra dirinya sendiri. Dalam artian Puan memposisikan dirinya 'Merendah' untuk seolah tidak dicapreskan, untuk karena posisi istimewanya sebagai putri Megawati, pernyataan itu membawanya lebih 'melangit'.

Baca Juga: Puan Temui Jokowi di Istana Negara, Tapi tak Bahas PDIP

Padahal dalam pidatonya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sering kali mengatakan peran perempuan dalam politik. Dimana secara tidak langsung, bisa saja keputusan capres Megawati itu mengarah langsung ke Puan Maharani.

(Lewat keterangannya yang dikutip dari laman Republika.co.id pada Senin (16 Januari 2023).

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU