Emil Dardak Jadi Ketua Parpol Terpopuler di Jawa Timur Versi SSC

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 30 Agu 2022 18:28 WIB

Emil Dardak Jadi Ketua Parpol Terpopuler di Jawa Timur Versi SSC

i

Emil Dardak ketua DPD Partai Demokrat Jatim. SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wakil Gubernur Jatim sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak berada di posisi teratas hasil survei popularitas pimpinan partai politik di Jatim versi Surabaya Survey Center (SSC).  Mantan Bupati Trenggalek itu jauh meninggalkan Ketua parpol lainnya di Jatim seperti Kusnadi (Ketua DPD PDI-P Jatim) dan Anwar Sadad (Ketua DPD Partai Gerindra Jatim). 

Menurut data SSC, Popularitas suami Arumi Bachsin itu mencapai angka 78,8 persen. Menyalip jauh popularitas Kusnadi yang hanya 28,2 persen, dan Anwar Sadad di angka 27,8 persen. Nama-nama pimpinan partai lain popularitasnya berada di bawah angka 20 persen, seperti Abdul Halim Iskandar (PKB) dengan 18,8 persen, M Sarmuji (Golkar) dengan 12,8 persen. 

Baca Juga: Salip Ganjar, Anies Baswedan Kuat Sebagai Tokoh Perubahan

Lalu Mundjidah Wahab (PPP) dengan 7,8 persen, Iwan Setiawan (PKS) dengan 7,0 persen, Sri Sajekti Sudjunadi (Nasdem) dengan 6,6 persen, hingga Ahmad Rizki Sadiq (PAN) dengan 5 persen. 

Survei yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 1-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.  

Peneliti Senior SSC Soerochim menyebut tingginya popularitas Emil Dardak adalah keuntungan besar karena bisa menjadi panggung sekaligus daya tarik bagi Demokrat atas kelebihan yang dimiliki Emil, yang muda cerdas dan populer 

Baca Juga: Wagub Emil Dorong Anak Muda Jatim Besarkan Koperasi

"Secara panggung ini harus bisa dimanfaatkan untuk effect positif bagi Demokrat. Karena sebagai pejabat publik yang sangat politis ini, Emil akan sangat mudah untuk bisa menjadi daya tarik guna mengerek kenaikan Demokrat," ungkap Soerochim . 

Dengan waktu yang cukup panjang dan hasil popularitas tinggi, Dekan Fisip UTN Madura ini yakin Demokrat akan mampu mengerek suaranya atas faktor Emil dan kerja kerja politik Demokrat lainnnya. 

Baca Juga: Entas Kemiskinan, Wagub Jatim Minta Petani Bentuk Wadah Koperasi

"Masih ada waktu cukup panjang selama 18 bulan untuk memainkan peran, karena politik itu dinamis semua masih mungkin berubah. Dengan memaksimalkan panggung yang ada bagi Emil, sangat besar peluangnya untuk mengerek Demokrat Jatim  dalam pemilu nanti. Karena sebagai Wagub akan banyak waktu untuk bertemu dengan publik, berdiskusi dengan publik, melakukan sodaqoh kebijakan, banyak keuntungan bisa dikapitalisasi untuk Demokrat, " Kata Soerochim. 

Menanggapi hasil survei tersebut,  Sekretaris DPD Partai Demokrat Muhamad Reno Zulkarnaen mengatakan, dipimpin politisi muda yang populer adalah modal besar untuk kemenangan Demokrat di Jatim. "Ini membuktikan Demokrat makin hari menunjukkan eksistensi untuk semua kalangan. Bahkan, bisa dikatakan generasi milenial juga memiliki harapan besar agar  Demokrat bisa mewakili aspirasinya," kata Bang Reno. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU