Empat Oknum Polisi Diduga Nyabu Bareng Residivis Narkoba di Villa

Kapolres Probolinggo Kota AKBP RM Jauhari (kanan)

 

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Belum lama pemberitaan oknum polisi tertangkap karena pesta narkoba di Surabaya, aksi yang sama juga terjadi di Pasuruan. Seorang anggota Polres Probolinggo Kota berinisial S tertangkap basah nyabu di sebuah villa di Tretes, Prigen Pasuruan.

Oknum berinisial S tersebut diamankan Satreskkoba Polres Pasuruan pada Kamis (20/5/2021) pagi usai nyabu. Kapolres Probolinggo Kota membenarkan adanya penangkapan oknumnya di salah satu villa di Pasuruan.

"Benar, ada oknum anggota diamankan saat nyabu oleh tim Satreskoba Polres Pasuruan, saat ini Propam Polres Probolinggo Kota masih kita koordinasi dengan pihak Polres Pasuruan, dan oknum anggota polisi yang pesta sabu udah diserahkan ke Propam Polres Probolinggo Kota," ujar Kapolres Probolinggo Kota AKBP RM Jauhari lewat pesan WhatsApp di group media jurnalis Probolinggo, Minggu (23/5/2021).

Dalam pesan tersebut Jauhari berjanji akan menindak tegas oknum tersebut dengan hukuman terberat sesuai dengan atensi dan arahan pimpinan dalam upaya pemberantasan narkoba.

"Untuk saat ini anggota sudah diserahkan ke Propam Polres Probolinggo Kota dan sedang dalam proses pemeriksaan unit Propam. Apabila terbukti, sanksi terberat yaitu pemecatan dari anggota Polri," kata Jauhari.

Langkah itu merupakan komitmen dalam Institusi Polri. Dalam upaya pemberantasan terhadap narkoba. “Apabila ada keterlibatan oknum itu, akan kami tindak tegas, sesuai atensi dan arahan pimpinan,” imbuhnya.

Dari informasi yang dihimpun, seorang polisi anggota Polres Probolinggo Kota berinisial S dan warga sipil berinisial AL tertangkap sedang nyabu di sebuah villa di Tretes, Kamis (20/5) kemarin.

Sebelumnya, mereka mereka diduga pesta sabu bersama 3 anggota polisi lainnya yakni SA, PT, dan SY. Namun, saat penangkapan, 3 oknum tersebut telah terlebih dahulu meninggalkan lokasi.

Kasatreskoba Polres Pasuruan AKP Domingos Ximenes menambahkan, usai membekuk 1 oknum tersebut, tiga orang lain kemudian dipanggil oleh satuannya. Saat di tes urine, ternyata hasil dari ketiganya negatif.

Saat penggerebekan, kata Dom, Satreskoba Polres Pasuruan hanya menemukan barang bukti berupa pipet kaca. Bong (alat hisab) dan barang bukti lain tidak ditemukan di TKP.

“Cuma ada pipet kaca, terus bongnya dibuang, tidak ada lagi yang kita temukan yang menguatkan. Yang menguatkan itu karena kita tes urine, tes urinenya positif,” urainya.

S yang berpangkat Bripka dan merupakan anggota polisi aktif berdinas di bagian Logistik langsung diserahkan ke pihak Propam Polres Probolinggo Kota. Tiga oknum polisi yang lain sedang dimintai keterangan. Sementara warga sipil AL kini dalam pemeriksaan unit Satreskoba Polres Pasuruan. AL sendiri diketahui merupakan seorang residivis yang pernah diamankan Polres Pasuruan dalam kasus narkoba. jur/cr3/ham