Eri Janji Garap UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 18 Sep 2020 21:50 WIB

Eri Janji Garap UMKM

i

Dengan tak bermasker, Eri Cahyadi menyapa beberapa pegiat UMKM di daerah Wisma Penjaringan Sari Surabaya, Kamis malam. SP/tim eri cahyadi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Bakal calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi akan mengembangkan potensi sektor UMKM di kota Surabaya, sebagai salah satu program utama bila terpilih menjadi Wali Kota Surabaya periode 2020-2025 mendatang.

Menurut dia, pemberdayaan UMKM yang sudah dilakukan Pemkot Surabaya dibawah Wali Kota Tri Rismaharini selama ini sudah terencana dalam program Surabaya Smart City (SSC) yang menjangkau hingga lebih dari 500 kampung di Surabaya dengan beragam potensi UMKM di dalamnya.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

“Program ini berhasil melahirkan berbagai produk unggulan. Sebab, kampung yang smart harus bisa memberdayakan masyarakatnya dengan melahirkan produk kreatif unggulan,” kata Eri, saat bertemu pegiat UMKM dan warga di Wisma Penjaringan Sari (WPS), Surabaya, Kamis (17/9/2020) malam.

Dalam acara yang juga dihadiri Adi Sutarwijono Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini, Eri Cahyadi mengatakan, setiap produk rintisan UMKM akan selalu dibimbing oleh Pemkot Surabaya. Dari sisi permodalan, proses produksi, hingga pemasaran baik lokal maupun pasar ekspor.

Bahkan dari sisi pemasaran, pihaknya sudah berkerjasama dengan sejumlah hotel di Kota Pahlawan. “Kami wajibkan setiap hotel menggunakan produk UMKM dari Surabaya. Itu akan terus saya pertahankan dan perluas ke depannya,” katanya.

Pria yang sebelumnya menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini menegaskan program tersebut akan berkelanjutan. “Bapak/Ibu tidak perlu khawatir, Pemkot akan selalu hadir bersama UMKM. Soal UMKM, pendampingan bersifat total dari hulu ke hilir,” katanya.

 

Terobosan Eri Cahyadi

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

Selama ini, Surabaya di bawah kepemimpinan Tri Rismaharini dikenal memiliki berbagai terobosan dalam memberdayakan UMKM. Di antaranya, Bazar Urban Farming, Pahlawan Ekonomi, Pejuang Muda yang digelar sejak 2010 hingga saat ini.

Eri pun berkomitmen melanjutkan berbagai terobosan. Di antaranya melalui penguatan modal, digitalisasi produk, hingga menyalurkan produk-produk tersebut pada industri besar di Surabaya.

Sementara itu, Adi Sutarwijono Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya tak memungkiri bahwa keberhasilan Pemkot Surabaya dalam pengembangan UMKM tak lepas dari peran Eri Cahyadi. Banyak program pemberdayaan lingkungan yang juga digagas Eri kemudian menghasilkan produk UMKM unggulan.

“Kepedulian Mas Eri terhadap lingkungan bukan hanya kepada UMKM. Kawasan ini bisa tidak banjir juga tak lepas dari jasa beliau,” kata pria yang juga tinggal di kawasan Wisma Penjaringan ini.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

Sedangkan Ahmad Basorie Ketua Pelaksana acara tersebut menerangkan, sentra UMKM di kawasan Penjaringan Sari berdiri belum cukup lama. Bernama Kedai Teras Kreatif, sentra UMKM tesebut lahir di kala pandemi.

Memanfaatkan spot di dalam lingkungan warga, sebuah toko UMKM memamerkan berbagai produk karya masyarakat. Ada puluhan UMKM yang terdiri dari olahan makanan-minuman hingga kerajinan tangan.

“Saat pandemi, banyak warga WFH (Work From Home). Setelah bertemu, para warga akhirnya memunculkan ide membentuk sentra UMKM ini. Kami mengundang Mas Eri, karena besar harapan kami, program Bu Risma (Wali Kota Surabaya saat ini, Tri Rismaharini) bisa dilanjutkan Mas Eri Cahyadi,” kata Ahmad Basorie. byt

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU