Erupsi Gunung Raung, Tujuh Penerbangan Terdampak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 08 Feb 2021 13:40 WIB

Erupsi Gunung Raung, Tujuh Penerbangan Terdampak

i

Pesawat di Bandara Banyuwangi SP/DECOM

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi  - Erupsi Gunung Raung membuat Bandara Banyuwangi ditutup sementara kembali. Bandara Banyuwangi ditutup sementara, mualai 08.37-14.37 WIB, Senin (8/2/2021).

Penutupan banadar tersebut sesuai dengan keluarnya NOTAMN B0192/21. Akan tetapi dua Citilink sudah menerbangkan dua armadanya ke Surabaya dan Denpasar.

Baca Juga: Penyelundupan Miras dari Bali ke Jawa Digagalkan Polisi

Cin Asmoro, Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II KC Bandara Banyuwang, mengatakan, sebelumnya bandara masih dibuka, hal tersebut mengacu karena tidak adanya abu vulkanik dari Gunung Raung

"Setelah melakukan observasi kita lakukan penutupan menyusul keluarnya Notam. Sebenarnya pada pukul 03.00 hingga 05.00 WIB kondisi sudah clear. Itu sesuai dengan hasil observasi yang kita lakukan termasuk juga laporan BMKG dan AirNav," ujarnya, Senin (8/2/2021).

Baca Juga: Tradisi Unik, Tadarusan Al-Qur’an 400 Kg di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi

Cin mengatakan, sebelum keluarnya Notam dari bandara wilayah 3 Surabaya, Citilink G1502-(ATR-72-600) jurusan Surabaya-Banyuwangi dan Citilink QG1682-(ATR-72-600) jurusan Banyuwangi-Denpasar sudah lepas landas dan mendarat saat pukul 07.45 WIB.

"Jadi saat ini yang terimbas penutupan bandara ada 7 penebangan. Kami mohon maaf karena ini demi keselamatan penerbangan," tambah Cin.

Baca Juga: WNA Asal Australia Hilang saat Berselancar

Kepala Cabang AirNav Bandara Banyuwangi, Suri Fikriansyah, mengatakan penerbangan ke Bali tidak ada hambatan, begitupun jalur Surabaya-Banyuwangi. Ia mengatakan penerbangan masih bisa aman dari gangguan abu vulkanik Gunung Raung.

"Tentu jalur penebangan agak menjauh dari sebaran abu vulkanik. Kebetulan kedua penebangan (Citilink) memakai jalur selatan. Sebenarnya kita juga akan menginstruksikan ke pilot semua penerbangan via selatan. Tapi karena tutup maka kita batalkan," ucap Suri, Senin (8/2/2021). Arb7

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU