ETLE di Surabaya Diterapkan di 39 Titik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Mar 2021 19:01 WIB

ETLE di Surabaya Diterapkan di 39 Titik

i

Ilustrasi ETLE. SP/Mahbub Fikri

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kapolri telah melaunching tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional tahap pertama yang diresmikan untuk 12 Polda di Indonesia. 

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

Peresmian ETLE tersebut merupakan inovasi yang dilakukan oleh Polri dalam mengikuti perkembangan zaman, namun jauh sebelum itu, Kota Surabaya telah menerapkan ETLE tersebut jauh sebelum peresmian yang dilakukan pada Selasa (23/3).

Hal ini diungkapkan oleh Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra saat dihubungi oleh Wartawan Surabaya Pagi mengatakan jika sebetulnya ketersediaan ETLE di Surabaya sudah berjalan cukup lama, kini jumlah terdapat 39 kamera ETLE yang siap mengintai para pelanggar di Surabaya.

"Mengenai ETLE kita sudah lama sebenarnya, hanya saja tadi peresmian dari bapak Kapolri sendiri untuk 12 daerah kan. Kalau di Surabaya itu sudah lama adanya tilang elektronik," ungkapnya.

Selain 39 Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. Kini Surabaya telah ditambah Integrated Node Capture Attitude Record atau disebut INCAR.

Hal itu kembali disampaikan oleh Kasatlantas Teddy. Menurutnya, penerapan tilang elektronik di Surabaya sudah berjalan satu tahun.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

"Sudah berjalan satu tahun. Sekarang dimantapkan lagi. Pak Dirlantas mengeluarkan inovasi baru yang untuk mobile-nya itu INCAR namanya," kata Teddy saat dikonfirmasi Surabayapagi, Selasa (23/2).

Mobil yang dilengkapi kamera pengintai tersebut akan melakukan pengawasan di beberapa ruas jalan yang tidak terekam camera ETLE di Surabaya.

"Jadi satu unit (kamera) dipasang di mobil patroli. Itu nanti dia meng-cover sama ETLE yang statis yang terpasang di 39 titik itu," lanjut Teddy.

Ia juga menjelaskan, 39 titik ETLE itu dipasang mulai 2019 hingga 2020 di sejumlah ruas jalan di Surabaya. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

"Yang jelas ditambah. Yang dulu 23 kamera ETLE. Sekarang sudah 39 kamera ETLE. Nanti progress-nya akan ditambah lagi jumlahnya," tambah Teddy.

Lalu satu mobil patroli yang dilengkapi dengan aplikasi INCAR itu terhubung langsung dengan tilang elektronik, untuk mendukung pengawasan yang tidak terekam ETLE. Kemudian, Satlantas Polrestabes Surabaya juga melengkapi enam motor patroli dengan body camera.

"Kalau di Satlantas sudah kami pasangkan di motor tim urai. Nanti akan mobile di ruas-ruas jalan Surabaya bisa meng-capture pelanggaran yang tidak terekam kamera ETLE statis," pungkas Teddy. fm

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU