Etos Kerja OPD Pemkab Gresik Merosot, Janji Hanya Pepesan Kosong

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Jun 2022 16:49 WIB

Etos Kerja OPD Pemkab Gresik Merosot, Janji Hanya Pepesan Kosong

i

Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir. SP/Grs.

SURABAYAPAGI.COM, Gresik – Kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Gresik dievaluasi kalangan dewan. Setahun lebih kepemimpinan Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, nampaknya belum membuahkan hasil signifikan sesuai visi misi yang tertuang dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Pemkab Gresik. 

Kondisi ini dinilai akibat etos kerja sejumlah OPD pemkab yang cenderung merosot atau menurun secara drastis. Hasil pengawasan Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir sampai triwulan kedua di banyak lokasi, ditemukan fakta belum terealisasinya sejumlah program OPD yang sudah tertuang dalam APBD 2022. 

Baca Juga: Geliatkan Ekonomi Kerakyatan, Bupati Gresik Resmikan Pujasera Manyar Sidomukti

Infrastruktur daerah misalnya, rusaknya Jembatan Kacangan dan Jembatan Klampok di Kecamatan Benjeng sampai saat ini tak kunjung ada progres perbaikan yang signifikan. 

“Beberapa waktu lalu, saya melakukan koordinasi dengan dengan dinas pekerjaan umum (PU), pihak PU menjanjikan awal bulan Juni pada minggu pertama akan dilakukan pembangunan dua jembatan tersebut, namun sampai saat ini pembangunan jembatan belum juga direalisasikan sama sekali,” ujar Qodir. 

Pihak dinas PU, kata Qodir, hanya memberikan janji pepesan kosong. Sebab perbaikan dua jembatan tersebut di awal bulan Juni belum juga direalisasikan. Padahal, pembangunan dua jembatan yang rusak itu sangat dinanti masyarakat setempat.

Baca Juga: Wabup Gresik Apresiasi PT Smelting Revitalisasi Sarana Wall Climbing

"Pepesan kosong, sungguh miris kinerja OPD di Kabupaten Gresik. Padahal, masyarakat setempat sudah menanti-nanti realisasi dari pembangunan dua jembatan tersebut,” ucapnya dengan nada geram. 

Tidak hanya dinas PU, sejumlah dinas yang lain pun seperti dinas PMD, dinas Perkim, dinas Pertanian, dinas Kelautan dan Perikanan, dinas Pendidikan, dan beberapa dinas lainnya dinilai lambat atau mengalami penurunan etos kerja secara drastis.

“Sampai pada triwulan kedua banyak program yang belum dijalankan secara optimal,” tukas dia.

Baca Juga: Raih Kembali Piala Adipura Menjadi Kado Indah di Hari Jadi Gresik ke-537

Gayung bersambut, Qodir meminta seluruh OPD Pemkab Gresik segera melakukan akselerasi program pembangunan di tahun anggaran 2022. Agar program kerja yang sudah dicanangkan dalam RKPD bisa terealisasi secara maksimal. 

“Kami akan terus mendukung Bupati Gresik Gus Yani, agar memanfaatkan (forum one week) untuk dijadikan evaluasi total atas kinerja semua OPD di Kabupaten Gresik,” tutupnya. grs

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU