Fattah Jasin, Mantan Kepala Bappeda, Calon Kuat Wagub Pamekasan

Fattah Jasin

SURABAYAPAGI.COM, Pamekasan - Kini dicari Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan yang akan mendampingi Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Meski pemilihan masih  25 hari lagi, suara yang bersliweran di elite Pemkab Pamekasan ada dua yaitu Fattah Yasin dan Agus Mulyadi.

Berdasarkan jadwal tahapan pemilihan, panitia pemilihan Wabup Pamekasan menjadwalkan pemilihan itu pada Senin (28/3/2022) mendatang.

 

 

 

Fattah Yasin Berpeluang Besar

Siapakah yang pantas dan layak menjadi orang nomor 2 di Pemkab Pamekasan? ternyata masyarakat Pamekasan tidak begitu mempersoalkan. Sebab pemilihan wabup tidak dilakukan langsung, melainkan dipilih kalangan DPRD Pamekasan.

Saat ini ada dua nama calon yang mencuat yaitu Fattah Jasin dan Agus Mulyadi. Dan dari kedua nama yang diajukan bupati ke Panlih antar waktu di DPRD Pamekasan, pastinya salah satunya mempunyai peluang terbesar karena ada kemampuan dan pengalaman di birokrasi.

Penilaian diungkapkan Ketua Lembaga Pusat Penelitian dan Pengembangan Madura (LP3M), Suroso,  Kamis (3/3/2022).

Fattah Jasin adalah mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jatim dan juga pernah menjadi Pj Bupati Pamekasan. Fattah juga merupakan mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim.

Sementara Agus Mulyadi adalah mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pamekasan.

Menurut Suroso, antara kedua nama itu, Fattah Jasin yang dinilau layak dan pantas mendampingi Baddrut Tamam. "Kalau dilihat dari kemampuan, pengalaman dan ilmunya, Fattah Jasin jauh di atas Agus Mulyadi. Kendati Agus pernah menjadi kepala dinas, namun pengalaman di birokrasi masih sebatas lingkup kabupaten dan tidak pernah terjun di kancah politik.

Elite lokal mempertimbangkan berbagai alasan, Fattah dinilai figur yang tepat sebagai wabup, lantaran memiliki segudang pengalaman dan kemampuan lebih di birokrasi.

Karena Fattah menjadi ASN berangkat dari staf di Bappeda Jatim, kemudian kepala bidang, hingga menduduki jabatan sebagai Kepala Bappeda Jatim.

Selain itu, Fattah Jasin yang juga mantan Kepala Dishub Jatim adalah putra Madura asli. Dan salah satu nilai lebih Fattah adalah pernah menjadi Pj Bupati Pamekasan. Sehingga setidaknya sudah mengenal kharakter masyarakat Pamekasan, termasuk mengenal kepala dinas, camat dan kepala desa serta lurah di Pamekasan.

Meski pemilihan wabup merupakan hak penuh dewan, tetapi hendaknya objektif dan bijak dalam memilih wabup. Karena ini demi kepentingan dan kemajuan Pamekasan. Maka kami sarankan Bapak Fattah Jasin yang benar-benar layak menjadi wabup, karena beliau memiliki kemampuan dan ilmunya cukup.

Suroso yang juga mantan konsultan Bappeda Jatim selama 13 tahun mengaku sudah mengenal perjalanan karier Fattah Jasin dan kemampuannya di birokrat. Fattah Jasin juga pernah menjabat Kepala Biro Administrasi Perekonomian Pemprov Jatim, kemudian memimpin Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jatim. arf, dna