FBI Tuding China Curi Riset Pengembangan Vaksin Corona

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 12 Mei 2020 12:10 WIB

FBI Tuding China Curi Riset Pengembangan Vaksin Corona

i

Ilustrasi pengembangan vaksin corona. SP. Istockphoto

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Penyebaran virus Corona kini terjadi di hampir seluruh bagian dunia. Banyak negara berlomba-lomba mencari obat dan vaksin anti virus Corona. Badan Penyelidikan Federal Amerika Serikat (FBI) menuding China mencoba mencuri riset tentang pengembangan vaksin virus corona.


New York Times dan Wall Street Journal mewartakan FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri dalam laporannya berencana mengeluarkan peringatan terkait peretasan yang dilakukan China di tengah upaya pengembangan vakin virus corona.

China disebut mengerahkan peretas yang menyasar informasi dan kekayaan intelektual terkait perawatan dan pengujian virus corona.

Baca Juga: Jepang Percepat Pembelian Rudal Tomahawk Dari AS

Para pejabat AS menuding aksi para peretas tersebut terkait dengan pemerintah China.

Kabar terbaru juga datang dari Biro Penyelidikan Federal Amerika Serikat (FBI) dan ahli keamanan siber percaya, para peretas China berusaha mencuri penelitian tentang pengembangan vaksin terhadap virus corona baru.

Wall Street Journal dan New York Times melaporkan seperti Channelnews.com lansir, FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS berencana untuk mengeluarkan peringatan tentang peretasan China tersebut.

Peringatan resmi dari FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS akan keluar dalam beberapa hari, ketika pemerintah dan perusahaan swasta berlomba-lomba untuk mengembangkan vaksin virus corona.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menolak tuduhan tersebut. Dia mengatakan, Tiongkok dengan tegas menentang semua serangan dunia maya.

"Kami memimpin dunia dalam pengobatan Covid-19 dan penelitian vaksin. Adalah tidak bermoral menargetkan China dengan rumor dan fitnah tanpa adan bukti," tegas Zhao seperti dikutip Channelnews.com.

Laporan yang dirilis FBI menyebut ada serangkaian aksi peretasan yang didukung oleh pemerintah China, Rusia, Korea Utara, dan Iran di tengah pandemi virus corona.

Pekan lalu, Inggris dan AS dalam sebuah pesan bersama memperingatkan adanya peningkatan serangan siber terhadap para tenaga medis di tengah upaya menangani virus corona. Aksi serangan tersebut diklaim didukung oleh pemerintah.

Aksi saling serang dan tuding antara pemerintah AS dan China bukan pertama kali terjadi di tenga pandemi Covid-19.

AS sejauh ini kerap mengklaim jika China menutup-nutupi sumber penyebaran virus corona yang diklaim berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan. Di sisi lain, China kerap membantah semua tudingan yang diarahkan AS terhadap Negeri Tirai Bambu. 

Baca Juga: Sri Mulyani Mengatakan Tekanan Ekonomi Global Dipicu oleh AS dan China

Badan Intelijen Amerika Serikat (AS) sedang menyelidiki data ponsel yang menunjukkan Laboratorium Institut Virologi Wuhan telah ditutup mendadak pada Oktober tahun lalu.

Sebelumnya Presiden AS Donald Trump mengklaim memiliki bukti Virus Corona berasal dari Laboratorium Wuhan.

Dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Minggu (3/5/2020), mengatakan "bukti besar " mendukung klaim itu.

"Ada sejumlah bukti besar, virus ini berasal dari Laboratorium di Wuhan," ujar Pompeo dalam wawancara dengan stasiun televisi ABC, dilansir Reuters, Senin (4/5/2020).

Kemudian Pompeo menolak untuk mengatakan virus itu sengaja dilepaskan oleh Laboratorium tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Amerika Serikat Seret Google ke Meja Hijau Karena Diduga Monopoli Pasar

China Global Times, yang dijalankan oleh Partai Komunis yang berkuasa, merespon pernyataan Pompeo dalam sebuah editorial, pada Minggu (3/5/2020).

Sebelumnya sebuah laporan mengejutkan mengklaim bahwa Presiden China, Xi Jinping, secara pribadi meminta Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom, untuk menutupi informasi mengenai bahaya virus Corona terhadap manusia pada bulan Januari tahun ini.

Tuduhan tersebut diterbitkan oeh media Jerman, Der Spiegel. Mereka menerbitkan kabar itu usai mengutip pernyataan Badan Intelijen Federal di Jerman, yang dikenal Bundesnachrichtendiennst (BND).

"Pada 21 Januari 2020, pemimpin China Xi Jinping meminta petinggi WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus untuk menahan informasi tentang penularan dari manusia ke manusia dan menunda peringatan pandemi," demikian laporan BND, yang diterbitkan Der Spiegel. (cnn/trb/k24/cgt/wsj/nyt/cr-06/dsy)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU