Festival Coklat Doesoen Kakao Suguhkan Coklat Terbaik Dunia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 13 Mar 2023 14:12 WIB

Festival Coklat Doesoen Kakao Suguhkan Coklat Terbaik Dunia

i

Foto atas, Bupati Ipuk Fiestiandani saat membuka Festival Coklat di Doesoen Kakao Glenmore.

SURABAYA PAGI, Banyuwangi- Pergelaran Festival Coklat yang berlangsung di Doesoen Kakao, Kebun Kendenglembu, PTPN XII Glenn tahun 2023 ini adalah pergelaran kelima kalinya.

Sebagai salah satu rangkaian Banyuwangi Festival, even ini terbilang cukup berhasil mengungkap bahwa produk Tanaman coklat dari Kebun Kendenglembu ini merupakan salah satu coklat terbaik di dunia. Maka tidak mengherankan bila pergelaran Festival Coklat 2023 kali' ini cukup berhasil mengundang antusiasme pengunjung.

Baca Juga: Berkonsep Ramah Lingkungan, Bandara Banyuwangi Jadi Ikon Daerah

Produk olahan Coklat Glenmore, yang menggiurkan.Produk olahan Coklat Glenmore, yang menggiurkan.

"Antusiasme masyarakat luar biasa. Dan ini bukan semata memajang produk hasil olahan coklatnya saja, tetapi lebih untuk meng-edukasi masyarakat terkait coklat yang ada disini. Bupati berharap nantinya biji-biji buah coklat dari sini ini bisa diolah sendirian, sebagai olehnya wisata," kata Kepala Dinas Kebun dan Pariwisata Kan Banyuwangi, M. Yanuar Bramuda.

Sementara itu, Bupati Ipuk Fiestiandani dalam sambutannya pembukaannya menegaskan, kedepan nanti festival seperti ini jangan hanya jadi seremoni saja.

Baca Juga: Pasar Takjil di Banyuwangi Jadi Momentum Peningkatan Ekonomi

Tapi harus ada perubahan dan terus dikembangkan dengan lebih inovatif agar supaya orang terus penasaran dan tetap ingin datang berkunjung.

Menarik, karena festival yang digelar pada 11 - 12 Maret ini tidak hanya mengusung dan menyuguhkan aneka kuliner olahan coklat yang menggiurkan, namun juga dilengkapi pertunjukan seni dan kegiatan olahraga.

Acara yang dipadati pengunjung.Acara yang dipadati pengunjung.

Baca Juga: Dorong UMKM Banyuwangi, Ipuk Gandeng e-Commerce

Dengan menggandeng Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Banyuwangi, hari pertama festival dibuka dengan pergelaran lomba maraton Student Kakao Fun Run yang diikuti 367 pelajar mulai tingkat SD, SMP dan SMA.

Selain ada festival layang-layang, Lomba tari Gebyar Barong dan Bazaar produk olahan coklat oleh UMKM, festival kali ini juga dimanfaatkan untuk meresmikan beberapa destinasi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Glenmore dan Kalibaru, yang disebut 'GlenBaru', di antaranya; Wisata Religi Anantha Boga dan Wisata Alam Banyuanyar. bud/adv

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU