Festival Kuliner Kota Mojokerto Sukses Dongkrak Ekonomi Lokal Pasca Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Jun 2022 15:53 WIB

Festival Kuliner Kota Mojokerto Sukses Dongkrak Ekonomi Lokal Pasca Pandemi

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Gelaran Festival Kuliner Kota Mojokerto yang tak pernah sepi pengunjung terbilang sukses menggerakkan ekonomi lokal pasca terdampak pandemi Covid-19.

Tak pelak, festival yang berlangsung sejak 17 hingga 24 Juni 2022 di Parkir Timur Sunrise Mall Mojokerto ini membawa angin segar bagi pelaku UMKM Kota Mojokerto.

Baca Juga: KKP Dorong Ratusan UMKM Naik Kelas

Seperti yang dikatakan Mak Uli (52) salah satu UMKM yang berjualan dalam kegiatan tersebut. Dirinya mengatakan jika acara ini menjadi momen paling ditunggu UMKM Kota Mojokerto setelah dua tahun tidak bisa jualan ramai karena terdampak pandemi Covid-19.

"Luar biasa, karena sejak adanya pandemi Covid-19 kan acara seperti ini belum ada,” ucap Uli saat diwawancara, Minggu (19/6/2022).

Kegiatan festival kuliner ini, lanjut Mak Uli, berdampak positif terhadap masyarakat Kota Mojokerto khususnya pelaku UMKM. Menurutnya kegiatan semacam ini bisa dijadikan sarana belajar entrepreneur bagi para pelaku UMKM.

“Dengan kegiatan ini kita bisa belajar berjualan,” jelasnya.

Selain itu, dampak dari festival kuliner ini juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Ia mengaku jika pendapatan pelaku UMKM mengalami peningkatan yang signifikan.

“Bisa dibilang sebagai ladang cuan setelah lama terkena pandemi. Sangat luar biasa acara ini,” puji Uli.

Dirinya berharap agar festival kuliner bisa sering digelar oleh Pemkot Mojokerto. “Ya kalau bisa Pemkot Mojokerto bisa sering menggelar kegiatan yang mewadahi pelaku UMKM,” pungkasnya. 

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

Senada dikatakan Nyonya Handi (43), ramainya helatan ini, membawa berkah tersendiri bagi dia dan sejumlah pedagang yang mengisi tenant Feskul. Sebab mereka mampu meraup banyak pundi-pundi rupiah. Apalagi, puluhan tenant tersebut difasilitasi secara gratis oleh Pemkot Mojokerto.

"Kita tinggal nempati saja, tenda dan lain sebagainya difasilitasi secara free oleh Pemkot Mojokerto," pungkas Nyonya Handi, warga Kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto yang mengaku dagangan salad dan puding sehatnya selalu laris manis diserbu pembeli. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto, Ani Wijaya mengaku bersyukur kegiatan yang digawangi dinasnya ini mampu menggerakkan roda ekonomi khususnya bagi pelaku UMKM yang berada dibawah binaannya.

"Pemkot Mojokerto akan terus berupaya memfasilitasi pelaku UMKM agar terus bangkit pasca pandemi. Salah satunya dengan menggelar kegiatan festival seperti saat ini," ujarnya. 

Masih kata Ani, pihaknya sengaja tak memungut biaya sepeserpun terhadap pelaku UMKM asal Kota Mojokerto yang mengisi tenant di acara ini. Lantaran pihaknya ingin memberi kado istimewa di Hari Jadi Kota Mojokerto yang ke-104.

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

"Selama pandemi kemarin mereka ini yang paling terpukul, karena dagangannya sepi pembeli. Tapi kita juga acungi jempol kepada mereka yang masih sanggup bertahan meskipun tertatih-tatih. Makanya ini kado buat mereka," tukasnya.

Sekedar informasi, Festival yang resmi dibuka Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, di Parkir Timur Sunrise Mall Kota Mojokerto, Jumat (17/5/2022) malam itu mampu menyedot ribuan pengunjung.

Selain menyajikan berbagai macam kuliner khas Kota Mojokerto, juga dimeriahkan oleh sejumlah hiburan. 

Mulai dari pasar malam, pertunjukan akustik, musik keroncong, layar tancap, pesta kembang api, Stasiun Dangdut dengan bintang tamu ternama Jawa Timur Tasya dan Konser tunggal Kukuh Kudamai dengan lagu hitsnya Mendung Tanpo Udan. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU