Festival Pencak Silat SH Terate, Ramaikan Peringatan Hari Jadi Tuban

Peragaan seni pencak silat SH Terate oleh para atlet.

SURABAYA PAGI, Tuban- Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban memperingati Hari Jadi Tuban ( HJT) yang ke-728 dengan cara yang berbeda.

Perguruan pencak silat dengan puluhan ribu anggota ini, menggelar Festival Pencak Silat selama 2 malam yakni 26-27 November 2021 yang berlsngsung di Padepokan Cabang Tuban, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jum’at (26/11/2021).

Beberapa pejabat daerah nampak hadir saat pembukaan festival, diantaranya Wakil Bupati Tuban, Ketua DPRD Tuban, pejabat utama Polres Tuban dan Kodim 0811 Tuban serta pimpinan organisasi perangkat daerah dan ketua perguruan pencak silat di Kabupaten Tuban.

Dalam festival yang berlangsung, nantinya akan menampilkan para atlet seni perorangan, pasangan, kelompok hingga seni bercerita yang merupakan perwakilan Rayon atau Komisariat.

Dengan syarat utama hanya menampilkan pencak silat yang dimiliki SH Terate atau mengedepankan ciri khas SH Terate disemua kelas penampilan.

Ketua SH Terate Cabang, Lamidi, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini selain untuk memperingati HJT juga berupaya membangkitkan semangat para warga dan siswa SH Terate. Disamping terus melestarikan budaya bangsa dan ajaran SH Terate, juga agar turut berperan aktif dalam membangun daerahnya melalui peran masing-masing.

Selain itu, festival ini juga dimaksudkan sebagai sarana penjaringan bibit atlet seni SH Terate. Sehingga dapat diketahui sejak dini potensi dari masing-masing ranting dan komisariat.

“Insyaallah kita akan membangun deso noto kutho seperti slogannya pak Bupati. Mari kita bersatu padu guyub rukun untuk mewujudkan Tuban bisa aman bisa kondusif,” ungkapnya.

Di podium yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H. Miyadi, menyampaikan apresiasi langkah SH Terate Cabang Tuban yang telah melaksanakan kegiatan sangat positif tersebut. Ia berharap, anggota SH Tetare dimanapun tempatnya, dapat menjaga serta mewujudkan kondusifitas wilayah dengan baik.

“Kami berharap Warga SH Terate juga turut serta untuk menjaga keamanan Kabupaten Tuban agar tetap kondusif. Serta turut aktif setiap anggotanya untuk sukseskan vaksinasi di Tuban,” imbuhnya. Sebagai salah satu warga sepuh SH Terate, Wakil Bupati Tuban, H Riyadi, tak ketinggalan memberikan dorongan kepada para atlet yang tampil dalam festival pencak silat agar menunjukkan keahlian yang dimiliki semaksimal mungkin.

Sehingga nantinya, dapat dilakukan pembinaan lebih lanjut untuk berkembang dan meraih prestasi di level lokal, regional, nasional bahkan internasional.

“Dengan adanya kegiatan ini mari kita jadikan ajang silaturahmi antar sesama perguruan agar terjalin dengan baik. Dan tetap menjujung tinggi seportifitas dalam pencak silat. Mari seluruh warga SH Terate untuk meningkatkan peran positif kita di masyarakat bangsa dan negara,” pungkasnya. Her