Flash Mob Tari Boran, Meriahkan Gowes Bareng Bupati Lamongan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Jun 2022 15:32 WIB

Flash Mob Tari Boran, Meriahkan Gowes Bareng Bupati Lamongan

i

Aksi flash mob puluhan penari meriahkan tari boranan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Flash mob tari Boranan khas Lamongan tampil meriahkan gowes bareng bupati dalam rangka HJL ke 453, yang diberangkatkan di depan Kantor Pemkab setempat, Minggu (5/6/2022).

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Gowes yang diikuti oleh ribuan penggowes dari berbagai daerah tersebut, cukup meriah, karena tampilan apik para penari Boran, yakni tarian tradisional asli Lamongan yang kaya akan nilai seni, budaya dan filosofis di dalamnya.

Tari Boran sendiri terinspirasi dari para penjual nasi boran, yaitu makanan tradisional khas Lamongan. Pada zaman dahulu para penjual nasi boran menjajakan dagangannya dengan cara menggunakan Wakul atau wadah nasi yang terbuat dari bambu dan ditaruh diatas kepala mereka untuk membawanya. Untuk menjajakannya mereka berjalan kaki dan menawarkan dagangannya kepada setiap orang yang dijumpainya. 

Di bawah panasnya terik matahari dan kerasnya kehidupan mereka berjuang untuk mencari rejeki. Dari perjuangan mereka itulah yang menginspirasi para seniman di Lamongan untuk menciptakan Tari Boran ini.

Keindahan dari Tari Boran terletak pada gerakannya yang memukau dan tersusun rapi. Dalam pertunjukannya, Tari Boran dilakukan secara berkelompok sehingga formasi dan kekompakan sangat penting di sini. Gerakan Tari Boran cenderung sederhana tapi penuh makna. Setiap gerakan dalam Tari Boran menggambarkan aktivitas para penjual nasi boran pada zaman dahulu, mulai dari menyiapkan makanan sampai menjualkannya kepada pelanggan.

Melihat kemeriahan acara dan tingginya antusiasme peserta, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap Gowes berjalan lancar dan tertib.

Baca Juga: Kini, Kabag Keuangan Lamongan Diperiksa KPK

“Selamat datang, sehat selalu, sukses selalu untuk para peserta Gowes. Masih dalam rangka HJL Ke-453, mari kita meriahkan bersama dan kegiatan fun bike hari ini semoga mendatangkan kebahagiaan menjadikan kita lebih semangat lagi dalam menghadapi masa-masa yang akan datang,” ucapnya di hadapan ribuan peserta Gowes.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yes juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah bersama-sama menyukseskan kegiatan ini.

Senada dengan Bupati Yes, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lamongan, Kandam menghimbau agar seluruh peserta tetap menjaga ketertiban. Hal ini dikarenakan banyaknya peserta Gowes yang akan melewati jalur yang ramai kendaraan.

Baca Juga: Lagi, KPK Periksa Kabag Perencanaan dan Keuangan Setda Lamongan

“Ini pesertanya lebih dari 2.000, baik dari kabupaten Lamongan maupun dari kabupaten tetangga. Untuk itu saya mohon para peserta tertib karena nanti kita akan lewati jalan-jalan desa maupun jalan-jalan protokol yang ramai kendaraan,” ungkapnya.

 

Gowes yang turut diikuti Forkopimda Lamongan dimulai dari halaman Pemkab Lamongan masuk Kelurahan Sukomulyo ke arah RS Fatimah, kemudian lurus menuju kantor PPKB Lamongan ke arah timur lanjut melewati Pasar Sidoharjo, kemudian melewati perempatan Jl.Sunan Drajat ke arah utara dan kembali ke Pemda Lamongan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU