Forkopimda Kota Blitar Mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kementerian Marves

Forkopimda Blitar saat berbincang dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kota Blitar merupakan  salah satu kota di Indonesia yang mampu mencapai level 1 pada masa Pandemi Covid-19. Sinergitas antar lembaga daerah dan juga keikutsertaan masyarakat di daerah tersebut merupakan kunci keberhasilan dalam penanggulangan sebaran Covid-19 sehingga mencapai Level-1.

Untuk itu Luhut Binsar Panjaitan  yang juga Menko Bidang Kemaritiman  selaku dan Investigasi (Menko Marves) dan Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada warga Kota Blitar yang disampaikan di gedung Kantor Kementerian Marves pada Kamis (11/11) 

“Saya apresiasi sekali yang teman-teman di Kota Blitar lakukan, terutama kepada Wali Kota Blitar, Kapolres Blitar Kota dan Komandan Kodim 0808 Blitar yang sudah bekerja keras menurunkan Covid-19 disana,” ujar Menko Luhut dalam pertemuan langsung dengan Walikota Blitar H. Santoso di Jakarta pada Kamis (11/11).

Lebih jauh Luhut B Panjaitan mengatakan, keberhasilan dari Kota Blitar di Provinsi Jawa Timur tidak lepas dari penggunaan sistem data yang terkelola dengan baik.  “Kita harus menggunakan data dalam memutuskan apapun, supaya semua kebijakannya benar dan terkendali,” tambah Luhut.

Dalam penentuan sebuah level PPKM di sebuah daerah, perlu diperhatikan berbagai indikator. Indikator ini misalnya jumlah kasus konfirmasi kurang dari 20 per 100.000 penduduk per minggu, angka rawat inap di rumah sakit harus berada pada angka kurang dari 5 per 100.000 penduduk per minggu, dan hal lainnya adalah angka kematian yang harus kurang dari 1 per 100.000 penduduk per minggu. Beberapa indikator ini sudah bisa dipenuhi oleh Kota Blitar yang kerja keras dengan Forkopimda Kota Blitar beberapa waktu lalu sehingga menjadikan kota Blitar sebagai kota pertama di Indonesia yang masuk di level 1.

Sementara, Santoso Walikota Blitar bersama AKBP Dr.Yudhi Hery Setyawan S.IK M.Si dan Komandan Kodim 0808  Blitar Let.Kol Inf Didin Nasrudin Darsono M.Han. menyampaikan terima kasihnya  atas apresiasi yang telah bapak Luhut B Panjaitan selaku Menko Marves telah menyampaikan langsung kepada kami bertiga selaku Pimpinan Forkopimda Kota Blitar.

"Hal ini akan terus kami pertahankan, utamanya Sinergi antara lembaga pemerintahan di Blitar sangat baik dalam.menjalankan Program Pemerintah Pusat ini merupakan kunci utama,” kata Walikota H. Santoso kepada SURABAYA PAGI  melalui pesan singkatnya dari Ponselnya.

 

Walikota Blitar Santoso menambahkan, dengan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kota Blitar khususnya yang benar benar telah mengikuti dalam program Pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Blitar Raya, baik Vaksinasi juga mengenai protokol kesehatan yang telah dicanangkan Pemerintah, ujar Santoso.

Sementara Kapolres Blitar Kota AKBP Dr.Yudhi Hery Setyawan S.IK M.Si kepadaSurabaya Pagi pihaknya terus mempertahankan level-1 dalam masa Pandemi ini di wilayah Blitar, keberhasilan ini tak lepas  atas kerja keras seluruh Aparat dan pihak pihak terkait yang tergabung dalam penanggulangan Covid-19, juga kepada seluruh masyarakat yang telah mengikuti program penanggulangan Covid sehingga berhasil mencapai Level-1.

"Semoga pandemi ini segera  berangsur angsur pulih seperti situasi sedia kala, tapi tetap kita terus melakukan kegiatan yang telah kita laksanakan untuk penanggulangan Covid-19, sehingga perekonomian masyarakat Blitar pulih normal seperti sedia kala." Kata AKBP Yudhi saat menuju ke Masjid Polres Blitar  Kota untuk sholat Jumat. Les