Forkopimda Ngawi Pantau Vaksinasi di Pondok Pesantren

Forkopimda Ngawi saat meninjau vaksinasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1.

SURABAYAPAGI.COM, Ngawi - Dalam rangka mendukung program pemerintah, serbuan vaksinasi terus digencarkan. jajaran Kodim Ngawi menggelar vaksinasi di berbagai pondok pesantren.

Seperti yang telah dilakukan oleh Kodim Ngawi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi pada Sabtu (11/9/2021). Mereka menggelar suntik vaksin yang terakhir di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1. Vaksinasi di pondok yang berlokasi di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan telah digelar selama sepekan dan dengan sasaran para santriwati.

Jumlah vaksin yang disiapkan dalam program serbuan vaksinasi itu sebanyak 6.000 dosis yang telah dilaksanakan selama seminggu sejak Senin (6/9/2021) lalu. Dalam satu hari rata-rata telah divaksin 1.200 santri.

Dari keterangan Danrem 081/DSJ Madiun Kolonel Inf Waris Ari Nugroho bahwa serbuan vaksinasi yang dilakukan jajaran Kodam V Brawijaya memang menyasar ke lingkungan pondok pesantren di seluruh Jatim.

Dan vaksinasi yang dilakukan di Pondok Gontor Putri Kampus 1, Ngawi itu bertepatan dengan laporan secara virtual kepada Panglima TNI.

"Selain di sini, juga ada tempat lainnya yang melaksanakan vaksinasi salah satunya di Pondok Pesantren An Nur di Kabupaten Malang," jelas Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, Sabtu (11/9/2021).

Secara khusus Dandim Ngawi Letkol Inf Totok Prio Kismanto berharap melalui program serbuan vaksinasi dan upaya pemerintah daerah yang terus dipacu tersebut, nantinya dapat mempercepat pencapaian herd immunity di lingkungan pondok pesantren (ponpes).

"Kita berharap dengan serbuan vaksin ini dapat secepatnya membentuk herd immunity di lingkungan pondok," terang Letkol Inf Totok Prio Kismanto Dandim Ngawi.

Sedangkan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono juga menyampaikan, mengenai kondisi di Ngawi saat ini termasuk dalam zona kuning atau level 2 dan mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) walaupun Ngawi berada pada level 2.

"Untuk masyarakat Ngawi tetap patuhi protokol kesehatan, sehingga nantinya ke depan dapat lebih baik lagi dan mudah-mudahan bisa turun level lagi," tegas Bupati Ony.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memantau dalam kegiatan tersebut secara virtual turut memberikan apresiasinya kepada Danrem dan jajaran Forkopimda Ngawi, khususnya Pimpinan Pondok Pesantren Gontor yang telah berpartisipasi aktif dan membantu atas terselenggaranya kegiatan vaksinasi tersebut.

Panglima TNI juga mengingatkan jika pandemi hingga saat ini belum selesai dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan selalu pakai masker.