Home / Politik : ANALISA BERITA

Forum Debat Capres-Cawapres akan Efektif Diadakan di Kampus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Mar 2023 20:03 WIB

Forum Debat Capres-Cawapres akan Efektif Diadakan di Kampus

i

Arya Fernandes, Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS)

SURABAYAPAGI, Jakarta - Saat ini para pengamat dan akademisi mendorong wacana debat antar kandidat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang bertarung di Pemilu 2024 dilakukan di kampus-kampus.

Capres-cawapres masuk kampus lebih mampu mengeksplorasi wawasan, pemikiran, dan pengetahuan para kandidat. Hal ini juga akan lebih efektif daripada debat resmi di televisi yang terbatasi waktu hanya beberapa jam saja.

Baca Juga: Bawaslu Pasrah

Atas usulan itu, saya sepakat dengan wacana itu. Ujian wawasan di depan akademisi perguruan tinggi dinilainya bisa menguliti alam pikiran para kandidat terhadap masa depan Indonesia.

Saya kira ke depan harus ada forum terbuka yang mempertemukan para kandidat untuk membicarakan apa yang mereka bayangkan soal Indonesia masa depan, apa yang kandidat ingin perjuangkan untuk Indonesia.

Forum debat antara kandidat dengan para pengajar dan mahasiswa, mampu menjadi solusi atas persoalan waktu yang terbatas pada debat resmi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di media-media televisi selama ini.

Baca Juga: FPI, PA 212, hingga GNPF-Ulama ke MK Dukung Putusan Adil

Waktu kampanye yang terbatas 75 hari dan debat capres melalui KPU di televisi selama ini tidak cukup waktu untuk mendapatkan gambaran utuh soal pandangan capres soal Indonesia masa depan.

Forum tersebut, juga penting untuk melihat seperti apa visi misi politik dan program kebijakan yang diusung oleh para kandidat capres-cawapres secara lebih detail dan menyeluruh. Bahkan kalau perlu melibatkan pihak-pihak lain yang relevan, kompeten, dan independen.

Baca Juga: Jelang Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres 2024, Khofifah : Insya Allah  Prabowo-Gibran Menang

Tentunya lebih baik lagi jika bisa selain melibatkan pihak kampus, juga lembaga riset serta media karena lebih independen, selain relevan dan kompeten.

(Lewat keterangannya yang dikutip dari laman liputan6.com, Selasa (15/3/2023).

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU