FOTO : Arumi Bachsin Tinjau Pameran Batik Fair 2021, UMKM jadi Tulang Punggung Perekonomian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Nov 2021 15:10 WIB

FOTO : Arumi Bachsin Tinjau Pameran Batik Fair 2021, UMKM jadi Tulang Punggung Perekonomian

SURABAYAPAGI , Surabaya - Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin meninjau stand koleksi batik saat Pameran Batik Fair 2021 di Atrium lantai G Grand City Mall Surabaya, Rabu (17/11/2021). Pameran batik dan fashion terbesar dan terlengkap akhir tahun yang digelar kembali ke - 5 dengan mengusung tema Mandiri Batik Fashion Fair berlangsung dari 17-21 November 2021. 

Pameran kali ini diikuti oleh 80 UMKM dan didukung oleh Dekranasda Provinsi Jawa Timur, menampilkan berbagai produk, desain dan motif terkini baik tradisional, etnik, maupun modern dari kalangan pengusaha industri dan pengerajin batik, bordir, tenun, ulos, songket, sulaman, kebaya, busana muslim dan tradisional, produk kulit & asesoris, perhiasan, batu permata mutiara, produk pertanian, furnitur, dan minuman, kosmetik, dan kesehatan wanita.

Baca Juga: Dekranasda Jatim: Batik dan Bordir Probolinggo Layak Go Internasional

Gelar pameran batik menunjukkan batik sebagai warisan budaya dunia yang menjadi kebanggan Indonesia dan tetap dibutuhkan oleh berbagai lapisan masyarakat dari waktu ke waktu. Peristiwa spektakuler dengan tujuan untuk memberikan apresiasi dan kesempatan seluas-luasnya, terutama sebagai tanda kebangkitankriya pada masa pandemi, khususnya pada para pengusaha serta pengrajin batik agar lebih meningkatkan dan mengembangkan kreativitas secara produktifitas maupun jaringan maksimal di global. 


Turut menghadiri pembukaan BFF 2021 Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Budi Hanoto, CEO Regional VIII/Jawa 3 Bank Mandiri I Gede Raka Arimbawa, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Jatim.

Dalam sambutannya, Arumi panggilan akrabnya mengatakan, BFF 2021 ini sebagai bentuk apresiasi Dekranasda Jatim terhadap pelaku UMKM di Jatim. Saat masa pandemi tersebut, pelaku UMKM menjadi bangkitnya perekonomian di Jatim.

Baca Juga: Dekranasda Jatim Dukung Pemerintah Tumbuhkan UMKM

“Pelaku UMKM termasuk pengrajin batik di dalamnya merupakan pahlawan ekonomi bagi Jatim. UMKM ini menjadi tulang punggung perekonomian dan berkontribusi bagi PDRB Jatim sebanyak 57,25%,” jelas Arumi.

Sementara itu, Direktur PT Debindo Mitra Tama Ir. Boediono menjelaskan, kegiatan ini nantinya akan menyatu dan terkoneksi dengan pameran pelayan publik Jawa Timur 2021 yang berada tepat di samping lokasi Batik Fashion Fair.

Baca Juga: Ketua Dekranasda Jatim Minta Produsen dan Konsumen Wujudkan Keamanan Pangan

Boediono mengungkapkan bahwa, BFF 2021 ini dapat memberi motivasi kepada seluruh UMKM untuk mengikuti pameran. Sehingga dapat membangkitkan kembali perekonomian Jawa Timur khususnya Surabaya dalam memamerkan dan memasarkan produk mereka.

“Kami ingin memotivasi dan memberikan semangat, yuk UMKM mulai bangkit lagi di era pandemi ini. Tidak usah menunggu pandemi selesai,” jelasnya. Patrik

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU