FPI Akui Dapat Dana dari Luar Negeri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 24 Jan 2021 21:57 WIB

FPI Akui Dapat Dana dari Luar Negeri

i

Aziz Yanuar.

 

Munarman juga  Bawa Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI ke Belanda

Baca Juga: Mahfud Akui Kini tak ada Sweeping

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar, akhirnya mengakui mendapat transfer lintas negara. Ini menjadi bukti nyata bahwa FPI mendapat kepercayaan banyak warga dunia dalam mengelola dana umat untuk bencana kemanusiaan, anak-anak yatim, dan bantuan bencana, serta yang lainnya.

Temuan itu pernah diungkap Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Disebutkan ada dana masuk ke rekening ormas yang kini telah dibubarkan oleh pemerintah.

Azis menegaskan, FPI memang berfokus pada bantuan kemanusiaan di berbagai negara. Salah satunya bantuan untuk warga Palestina.

"FPI juga concern dengan bantuan kemanusiaan ke banyak negara yang mengalami penjajahan dan musibah seperti misal di Gaza, Palestina. Juga terhadap saudara-saudara kita di Rakhine, Myanmar," katanya kepada wartawan, Minggu, (24/1/2021).

Hubungan FPI yang cukup akrab dengan luar negeri dibuktikan juga dengan laporan salah satu anggota tim Advokasi Korban Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) FPI, Munarman  ke Pengadilan Pidana Internasional (ICC) di Den Haag, Belanda.

Munarman mengatakan, pihaknya telah melaporkan tragedi Jakarta 21-22 Mei 2019 dan peristiwa tewasnya 6 laskar FPI pada 7 Desember 2020 lalu ke ICC.

Pelaporan itu dilakukan karena menilai dua kejadian tersebut sebagai pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh aparat resmi negara. Menurut Munarman, pelaporan tersebut resmi dilayangkan pada 16 Januari 2021.

“Kami Tim Advokasi Korban Pelanggaran HAM berat melaporkan tragedi 21-22 Mei 2019 dan pembantaian 7 Desember oleh aparat negara ke ICC,” ujar Munarman, Kamis (21/1).

Baca Juga: Pasca Divonis 4 Tahun, Rizieq Diduga akan Dibidik Kasus Munarman, Firza Husein sampai Henry Yoso

Hal Ini Lanjut Munarman menuturkan, dalam laporan tersebut pihaknya melampirkan dokumen-dokumen dan fakta-fakta kejadian terkait dua peristiwa yang menewaskan total 16 nyawa sipil di tangan kepolisian tersebut.

Tim Advokasi menilai telah terjadinya praktik pembiaran tanpa hukuman yang dilakukan Pemerintah Indonesia atas dua peristiwa pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh aparat keamanan terhadap rakyatnya sendiri.

 Pembiaran tersebut berupa ketidakmampuan dan keengganan pemerintah Indonesia memastikan penegakan hukum yang adil terhadap pelaku-pelaku pembunuhan dalam peristiwa 21-22 Mei dan 7 Desember.

“Kami berjuang untuk keadilan dan memutus rantai impunitas yang sudah sangat mengerikan di negeri ini. Kami akan memberikan informasi-informasi pelanggaran HAM berat kepada komunitas HAM internasional (ICC) karena terbukti sistem hukum Indonesia yang tidak menghendaki dan tidak mampu memutus mata rantai pelanggaran HAM berat yang sampai saat ini pelakunya masih berkeliaran mengancam warga sipil di Indonesia,” begitu isi laporan Tim Advokasi tersebut.

 

92 Rekening Blokir

Baca Juga: Divonis 4 Tahun, Rizieq Tolak Minta Ampun ke Presiden Jokowi

PPATK sebelumnya mendeteksi ada arus lalu lintas keuangan lintas negara terkait rekening Front Pembela Islam (FPI). Namun Kepala PPATK Dian Ediana Rae tak bersedia menyampaikannya secara eksplisit dari siapa, berapa, kapan, dan untuk apa.

"Ya, ada. Dari penelusuran PPATK itu memang melihat keluar-masuk dana dari negara lain," kata Dian kepada tim Blak-blakan, Rabu, (20/1/2021)

Sejak 4 Januari lalu, PPATK telah memblokir sementara rekening milik FPI dan para pihak terafiliasi di berbagai bank nasional. Hingga 20 Januari, jumlahnya mencapai 92 rekening, dan kemungkinan akan terus bertambah.

Sejauh ini, kata Dian Ediana Rae melanjutkan, pihaknya belum sampai pada kesimpulan apakah FPI terkait dengan pendanaan terorisme. Juga belum dikaitkan dengan pelanggaran UU tindak pidana lainnya.

"Apakah FPI itu akan dikenakan UU mana, Itu belum. Apakah dia terkait dengan pendanaan terorisme? Belum juga disimpulkan begitu," ujarnya. jk

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU