Gaji Menteri, UMR Buruh

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 01 Des 2023 20:53 WIB

Gaji Menteri, UMR Buruh

i

Raditya M Khadaffi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Halo menteri baru! Anda akan digaji lebih besar dari gaji menteri sekarang. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku sudah diminta Presiden Jokowi membuat rekomendasi kenaikan gaji pejabat setingkat menteri. Rekomendasi kenaikan gaji ini akan diberikan kepada pemerintah baru.

"2024 sudah jalan APBN-nya. Jadi nanti untuk rekomendasi untuk pemerintahan baru barangkali bisa. Tapi saya tadi diminta (presiden) untuk menyiapkan saja dulu," kata Sri Mulyani di Komplek Istana Negara (29/11/2023).

Baca Juga: Maksi Gratis, Defisit Anggaran dan Utang

Usulan kenaikan gaji menteri gampang. Beda dengan buruh. Untuk bisa menaikan UMR-nya, buruh harus demo. Terbaru, sampai melakukan anarkis di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi dan di Surabaya.

 

***

 

Saat ini, Gaji menteri diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000. Sedangkan tunjangan menteri diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 68 tahun 2001.

Dalam aturan itu, gaji pokok yang diterima menteri hanya sebesar Rp5,040 juta per bulan. Sementara tunjangan jabatan hingga Rp13,608 juta per bulan.

Nilai nominal ini belum termasuk tunjangan lainnya maupun dana operasional menteri.

Jika ditotal, gaji dan tunjangan yang diterima menteri sebesar Rp18.648.000 per bulan.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengakui itu. Ia mengungkapkan gaji menteri hanya Rp19 juta per bulan.

Tapi, selain gaji itu, menteri masih mendapatkan dana operasionalnya Rp100 juta lebih.

Lumayan.

Mengutip Zippia, Jokowi tak termasuk dalam 10 kepala negara atau pemerintahan dengan gaji tertinggi di dunia. Riset tersebut menempatkan gaji Jokowi ke peringat 123 terbesar di dunia.

Kisarannya US$ 51.600 atau setara dengan Rp 776 juta per tahun atau sekitar Rp 64 juta per bulan.

Penghasilan presiden dan wapres ini jauh lebih kecil dibandingkan negara tetangga Singapura dengan US$ 1,4 juta ( Rp 19,8 miliar) dan Malaysia dengan US$ 263 ribu ( Rp 3,7 miliar).

Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Administratif Presiden dan Wakil Presiden, gaji Presiden RI ditetapkan sebesar 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden.

Namun, tunjangan yang diberikan jauh lebih besar. Di mana, besaran tunjangan presiden ditetapkan sebesar Rp 32,5 juta per bulan.

Gaji Ketua KPK Firli Bahuri, total Rp 86.329.000 . Tetapi yang diterima secara tunai per bulan adalah Rp 61.940.500. Sebab, sisanya, sebesar Rp 24.388.500, yang merupakan tunjangan asuransi kesehatan dan jiwa serta tunjangan hari tua, dibayarkan langsung ke lembaga terkait.

Besaran Gaji Direktur Pertamina sampai kini ada dikisaran Rp 4,9 Miliar per Bulan.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, gaji Gubernur BI pernah mencapai Rp199 juta per bulan atau hampir Rp 2,4 miliar per tahun. Lalu gaji direktur bank BRI, jumlah gaji dan tunjangan untuk direksi adalah sebesar Rp189.966.000,- dan Rp177.412.000-.

Pada 2021, jajaran direksi BCA menerima gaji dengan total Rp469,05 miliar. Saat ini, BCA memiliki 12 direksi, apabila dibagi rata dengan total gaji 2021, setiap direksi menerima besaran gaji Rp41,33 miliar per tahun pada 2021.

Menurut survey Salary Explorer, gaji ahli bedah dan dokter menempati posisi pertama sebagai gaji tertinggi di Indonesia. Rentangnya Rp 23.900.000 hingga 68.700.000.- Ini struktur gaji pejabat negara sampai direksi.

 

***

Baca Juga: Petaka Game Online bagi Anak…

 

Saat ini rentang gaji buruh harian dapat mencapai Rp 150.000 hingga Rp 500.000 per hari. Ini tergantung pada jenis pekerjaan dan tingkat keahlian yang dimiliki.

Hasil galian dari Disnaker, profesi buruh terdiri buruh harian, buruh yang menerima upah berdasarkan hari masuk kerja. Buruh kasar, buruh yang menggunakan tenaganya karena tidak mempunyai keahlian di bidang tertentu. Buruh pabrik, dan buruh tambang.

Lalu apa bedanya buruh dan karyawan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), buruh didefinisikan sebagai orang yang bekerja untuk orang lain dan mendapatkan upah. Sementara itu, karyawan adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga (kantor, perusahaan, dan lain sebagainya), dan mendapatkan gaji (upah).

Melansir dari laman World Salaries, para karyawan swasta para karyawan swasta di Indonesia menerima gaji terendah sekitar Rp36,8 juta per tahun atau Rp3,07 juta per bulan.

Mayoritas Profesional Keperawatan mendapatkan gaji antara IDR1,939,054 dan IDR6,388,377 per bulan di 2023. Upah bulanan untuk level pemula Profesional Keperawatan berkisar antara IDR1,939,054 hingga IDR3,586,047.

Rata-rata seorang pramugari akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per bulan ditambah uang terbang. Setiap terbang, pramugari junior akan mendapat jasa lagi sebesar Rp 40 ribu per jam. Pramugari rata-rata melakukan penerbangan dengan awak kabin lainnya sekitar 6 jam per harinya. Praktis sehari bisa kantongi Rp 240 ribu.

Beda dengan gaji guru SD? Gaji bulanan rata-rata untuk pekerjaan Guru SD di Indonesia berkisar dari Rp 2.400.000 hingga Rp 4.760.000.

Lalu, karyawan toko sekitar Rp 2 juta per bulan. Kasir dengan gaji sekitar Rp 2,5 juta per bulan. Helper sekitar Rp 4,1 juta per bulan. Gudang sekitar Rp 3,8 juta per bulan.

Sejauh ini UMR terbesar di Indonesia ada

DKI Jakarta: Rp4.901.798. Kota Depok: Rp4.694.493. Kota Cilegon: Rp4.657.222. Kota Bogor: Rp4.639.429.13

Baca Juga: Hak Angket, Mungkinkah Terealisasi di DPR?

Ternyata, salah satu daerah dengan UMR terendah di tahun 2023, yaitu sebesar Rp2.207.212 ada di Seragen. Mengingat tingkat inflasinya stabil dan kebutuhan hidup yang relatif murah.

 

***

 

Kenaikan upah layak selalu menjadi isu yang disuarakan buruh setiap tahunnya. Bahkan tak jarang permasalahan ini menimbulkan gelombang demonstrasi besar-besaran sehingga dianggap menjadi penghambat masuknya investasi ke Indonesia.

Kenaikan upah layak selalu menjadi isu yang disuarakan buruh setiap tahunnya. Bahkan tak jarang permasalahan ini menimbulkan gelombang demonstrasi besar-besaran sehingga dianggap menjadi penghambat masuknya investasi ke Indonesia.

Menurut seorang aktivis buruh, meski melambat tapi masih ada pertumbuhan di atas 4 persen. Artinya pertumbuhan ini menurut dia, hanya dinikmati oleh kelas menengah atas. Sedangkan kelas buruh tidak mendapat tetesan pertumbuhan ekonimi. Makanya wajar jika buruh meminta rasa keadilan itu.

Oleh sebab itu, yang menjadi tuntutan para buruh bukan sekedar kenaikan upah melainkan pemerataan distribusi keuntungan yang diterima oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Persoalannya, apakah para pengusaha industri bisa menerima aksi unjuk rasa atau demo dan mogok nasional?. Secara politik, demo adalah hak semua warga negara Indonesia untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum.

Kadang dalam aksi demo, sekelompok buruh bicara politik. Ada yang kelola isu-isu nasional. Makanya, mereka sampai ada yang berani anarkisme.

Mereka seperti gak berpikir rasional bahwa aksi demo dan apalagi mogok nasional akan mengganggu kepada kinerja perusahaan dan kepentingan umum.

Menurut akal sehat saya apa buruh-buruh yang demo berhari-hari tidak memikirkan penurunan produktivitas, hingga menurunkan target. Dan lama-lama bisa bikin perusahaan kolaps. Akhirnya bisa berimbas ke buruh. Padahal dari struktur gaji di atas, upah buruh tidak rendah-rendah amat. ([email protected])

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU