Gakeslab Tingkatkan Penyediaan Produk Dalam Negeri

Pengukuhan Pengurus Gakeslab Indonesia Provinsi Jawa Timur, Rabu (29/6/2022) di Shang ri La Hotel, Surabaya.

SURABAYAPAGI, Surabaya- Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia (Gakeslab) menggelar pengukuhan Pengurus Gakeslab Indonesia Provinsi Jawa Timur, Rabu (29/6/2022) di Shang ri La Hotel, Surabaya.
Diketahui, Gakeslab Indonesia adalah Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium di Indonesia.

Gakeslab Indonesia telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Kesehatan sebagai perkumpulan organisasi perusahaan alat-alat kesehatan dan laboratorium resmi di Indonesia.
Dalam kesempatan ini, Jemmy Hartanto selaku Dewan Penasehat Gakeslab Jatim menegaskan, pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah provinsi, kota dan kabupaten mendistribusikan alat kesehatan melalusi sistem yang sudah ada.

“Kami siap menyediakan produk dalam negeri yang menjadi fokus pemerintah. Saat ini kita bukan seperti tahun lalu, e-katalog ini selain dengan people (orang)- nya e-LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), kita juga ada e-katalog Sektoral di kesehatan. Seperti online shop,” kata Jemmy dalam sambutannya.

Jemmy menambahkan, pihaknya mempuyai tugas untuk bersama sama mensukseskan progam pemerintah. “Misal alat cek gula darah dan lainnya, alat-alat yang berada di rumah sakit itu kita yang mendistribusi,”imbuhnya.

Tak hanya itu, kini para pengusaha kesehatan mulai membina kerjasama dengan UMKM di Jawa Timur. Karena ini ini juga menjadi program pemerintah.
“ Intinya, kita juga akan bekerja sama dan siap membantu pemerintahan daerah maupun dari kabupaten/ kota,” tegasnya.

Senada, dr. Agus Staf Hartanto MM, selaku Ketua Gakeslab Provinsi Jatim, mengatakan, Gakeslab berperan aktif demi kemaslahan masyarakat umum yang terutama dalam hal produksi dan distribusi alat kesehatan.

“Ada beberapa isu yang akan di-push, di antaranya sertifikasi izin distribusi alat kesehatan, penguatan penggunaan produksi dalam negeri serta sertifikasi halal.
“Tiga hal itu menjadi fokus Gakeslab untuk segera dilaksanakan,”terangnya.
“Kami berharap bisa berperan pada kemaslahatan masyarakat Jawa Timur,” imbuh dr. Agus.

Ia juga menambahkan, pihaknya akan aktif mengadakan pelatihan terkait CDAKB (Cara Distribusi Alat Kesehatan Yang Baik), karena itu menjadi persyaratan mutlak bagi distributor. Kemudian juga yang tak kalah penting soal pengurusan perizinan.

“Kita juga mendorong teman-teman penyedia alat kesehatan ini menjadi tulang punggung kita. Jadi manakala kita bisa me-suplai alat kesehatan tentu kita bisa memberikan kontribusi dalam hal ketahanan nasional,”tegasnya.

Terakhir, dr Erwin Ashta Triyono selaku Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur mengharapkan, Gakeslab makin profesional. Ini artinya mengikuti regulasi atau pedoman-pedoman yang cukup ketat. Bagaimana caranya bisa meningkatkan jumlah komponen dalam negeri sesuai saran Presiden Jokowi.

“Sehingga nanti kedepan, banyak produk-produk yang mungkin bisa disertifikasi atau disupport untuk menuju ke halal, meskipun itu semua butuh proses butuh waktu dan masih memerlukan masa-masa transisi,” kata Erwin.

“Kita akan selalu berkordinasi agar masyarakat mendapat pelayanan terbaik,” pungkasnya. min