Gali Potensi Difabel, Lamongan gelar Festival Megilan di Ruang Terbuka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Jan 2022 15:35 WIB

Gali Potensi Difabel, Lamongan gelar Festival Megilan di Ruang Terbuka

i

Bupati membuka festival difabel di Alun-alun dengan melepas balon di udara. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan -  Untuk menggali potensi para penyandang difabel, dan sebagai bagian memberikan perhatian kepadanya,  difabel Lamongan Minggu (9/1/2022)  menggelar festival difabel megilan dan dibuka oleh bupati Yuhronur Efendi di Alun-alun bersamaan dengan acara Minggu ceria (Mence).

Bupati dalam  kesempatan tersebut mengungkapkan rasa bangganya atas semangat para difabel. Menurutnya semua masyarakat tak terkecuali para difabel memiliki hak yang sama sehingga pembangunan harus ramah difabel.

Baca Juga: Songsong Pilbup, PKB Lamongan Segera Membentuk Desk Pilkada

“Ini sebuah momen yang memberitahukan kepada semua bahwa difabel ini memiliki hak yang sama dengan seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan hak difabel dilindungi undang-undang,” tutur Bupati Yes.

Untuk itu, lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Lamongan bertekad untuk menuju kabupaten inklusif. Lamongan menjadi kabupaten ramah terhadap difabel.

“Apa sih inklusif itu, yakni pembangunan yang dipersembahkan untuk semuanya, tidak membedakan antara difabel maupun non difabel. Sehingga semua masyarakat turut menikmati pembangunan di Lamongan. Selanjutnya bagaimana kita ramah difabel, apapun kebijakan yang diambil pemerintah ada perhatian terhadap difabel. Monggo kita semua bertekad agar Perda difabel di Lamongan segera disahkan,” ungkapnya.

Berbagai pembangunan di Kabupaten Lamongan telah ramah difabel, dimana telah dibangun berbagai fasilitas khusus seperti toilet khusus, akses jalan masuk gedung pemerintahan khusus kepada difabel dan bahkan baru-baru ini tercipta inovasi tempat sampah ramah bagi para penyandang disabilitas. Semua itu menurut Bupati sebagai bentuk perhatian dan dukungan penuh kepada difabel.

Baca Juga: Horeee.. Siltap Pamong Desa di Lamongan Akhirnya Dicairkan Meski Hanya 1 Bulan

Ketua Persatuan Tuna Netra Indonesia Cabang Lamongan, Try Febri Khoirun Nidhom mengungkapkan terima kasihnya atas support penuh Pemkab Lamongan sehingga festival terselenggara dengan lancar.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengadvokasi teman-teman difabel untuk menunjukkan kreativitasnya ini diharapkan dapat terus terlaksana kedepannya.

“Festival Difabel Megilan ini adalah inisiatif dari seluruh perwakilan organisasi difabel dan Alhamdulillah disupport penuh Pemkab Lamongan. Saya berpesan mari kita advokasi agar tercipta lingkungan yang inklusif di Kabupaten Lamongan,” harap Khoirun Nidhom.

Baca Juga: Gerindra Isyaratkan Usung Kader Sendiri di Pilbup Lamongan

 

Festival yang berbarengan dengan minggu ceria tersebut semakin meriah dengan ditampilkannya berbagai kemampuan terpendam para difabel Lamongan, diantaranya penampilan pantomim, parade tongkat putih, parade kursi roda dan masih banyak lagi. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU