Gandeng Pemkab Jember, PLN Terapkan Budaya Keselamatan Ketenagalistrikan

SurabayaPagi, Jember - PT PLN (persero) UP3 Jember gelar sosialisasi dan implementasikan budaya keselamatan ketenagalistrikan, PLN menggelar mensosialisasikan pemeliharaan tanpa padam lintas unit (Borderless PDKB) dan rabas pohon bersama stakeholder.

PLN menggandeng Bupati Jember Hendy Siswanto bersama jajarannya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap keselamatan ketenagalistrikan dengan bentuk dukungan dan cermat terhadap potensi yang membahayakan jaringan kelistrikan.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional di alun-alun Kabupaten Jember yang diikuti oleh 600 personel terdiri dari PT PLN (Persero) UP3 Jember, UP3 Banyuwangi, UP3 Situbondo, dan Forkopimda pada Selasa (24/01).

Bukti dukungan dan keseriusan Forkopimda Jember dalam mendukung terciptanya pasokan listrik yang andal dan berkualitas diwujudkan dengan penandatangan lembar komitmen kegiatan.

PLN menerjunkan 500 personel PLN, 18 tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) lintas unit yang dilengkapi dengan 22 unit skylift, 1 unit crane, 25 unit dump truck, dan 3 unit pick up untuk melakukan pemeliharaan jaringan di sembilan titik yang lokasinya tersebar di sepuluh ruas jalan besar di Kabupaten Jember.

“Kami memiliki program bernama Kopi Robusta yang merupakan akronim dari Kolaborasi Pemeliharaan Operasional Bersama Unit Stakeholder, sehingga pada kesempatan kali ini yang juga bertepatan dengan bulan K3 Nasional kami ingin mengajak Forkopimda Jember untuk terjun langsung memelihara jaringan listrik. Yang mana kegiatan rabas dan pemeliharan jaringan ini bertujuan untuk merabas/merempes pohon-pohon yang berpotensi membahayakan jaringan listrik,” papar Manager PLN UP3 Jember, Dasih Listiyanto.

Dasih menambahkan masih dalam momentum bulan K3 Nasional, personel PLN senantiasa melalukan pengecekan peralatan maupun personel sebelum terjun ke lapangan. Dalam hal ini, pengawasan stakeholder mengenai pentingnya keselamatan personel untuk menunjang keselamatan ketenagalistrikan merupakan hal yang penting.

Tak hanya hadir sebagai pemimpin apel, Bupati Jember Hendy Siswanto pun turun langsung ke lapangan membantu personel PLN melakukan perabasan pohon yang mendekati jaringan listrik.

“Pohon itu sangat berisiko dengan cuaca yang seperti ini (hujan disertai angin kencang). Kita sudah melihat berkali-kali, adanya pohon tumbang, yang akibat salah satunya (korban) nyawa, lampu padam (karena menimpa kabel), rumah (tertimpa), tentunya sangat mengancam,” terang Hendy.

Hendy menambahkan melalui kegiatan ini ia ingin menumbuhkan semangat sinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat. Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri dan relawan diterjunkan pula dalam giat pemeliharaan lintas unit dan rabas pohon.

"Karena hari ini sekaligus momentum bulan K3 nasional, kami ingin mengimbau pentingnya K3, guna terciptanya tempat kerja yang aman efisien dan produktif. Pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya didukung oleh regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan namun yang tidak kalah penting ialah meningkatkan kesadaran dan pemahaman semua pihak termasuk membangun budaya K3 yang baik," pungkas Hendy. Byb