Gandeng Tokopedia, UMKM Kota Kediri Tawarkan Cashback Hingga 80%

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Sep 2020 15:29 WIB

Gandeng Tokopedia, UMKM Kota Kediri Tawarkan Cashback Hingga 80%

i

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah). SP/DUCAN

SURABAYAPAGI, Kediri - Pemerintah Kota Kediri bekerjasama dengan perusahaan teknologi marketplace terdepan di Indonesia, Tokopedia menggelar event akbar MallUMKM Kediri Sale 2020 pada 25 - 29 September 2020. Pada event yang merupakan rangkaian Hari Jadi Kota Kediri ke 1141 ini akan melibatkan ratusan “seller” yang menampilkan produk UMKM Kota Kediri dengan promo voucher diskon dan cashback hingga 80 persen. Produk yang tergabung dalam platform MallUMKM Kediri tersebut akan tampil dalam link khusus Tokopedia dan poster event akan tayang selama lima hari penuh di halaman utama Tokopedia.

 “MallUMKM ini sebenarnya platform untuk membantu industri kecil menengah yang terpukul dan menurun drastis penjualannya akibat pandemi Covid-19. Pemkot Kediri mengkurasi produk yang siap untuk dipasarkan secara online/ karena berdagang secara offline sangat sulit dan marketnya sempit. Bagi yang terpilih dan secara produk sudah siap, maka satu per satu akan kami bantu untuk beralih berjualan secara online di marketplace,” kata Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga: Pasokan Migor Curah Menipis, Kemendag: Masih Mencukupi, Bisa Pakai ‘Second Brand’

 Dari 200 pelaku UMKM yang mengikuti proses kurasi, sekitar 60 pedagang yang dibantu migrasi ke marketplace hingga masing-masing memiliki toko sendiri, proses ini memakan waktu hampir dua bulan. Tokopedia dalam event ini juga akan menampilkan pelaku UMKM yang sebelumnya sudah menggunakan platform mereka untuk berjualan secara online.

 Abdullah Abu Bakar mengaku ingin merubah mindset para pelaku UMKM. Se hingga dapat menjadi pedagang online yang profesional. "Untuk menjadi pedagang online yang profesional, responsif jika ada pertanyaan dari calon pembeli, memastikan stok produk yang diupload tersedia sesuai deskripsi, dan proses pengiriman yang cepat dan barang aman hingga tangan pembeli ini butuh keseriusan. Jujur tidak semua pedagang dan pengusaha siap, maka kami dampingi hingga mereka siap," tandasnya.

Baca Juga: Perajin Kaligrafi di Tulungagung Banjir Pesanan, Tembus Qatar dan Amerika

 Dalam kesempatan yang sama, Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia, Benny Harimansyah, mengungkapkan, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia selalu mendukung tumbuh kembang pegiat usaha lokal, termasuk UMKM di Kota Kediri. Salah satunya dengan menyediakan panggung seluas-luasnya bagi para pegiat usaha lokal ini agar dapat mengakselerasi adopsi platform digital dengan mudah.

 "Harapannya, kolaborasi antara Tokopedia dan Pemerintah Kota Kediri dapat mendorong masyarakat, termasuk di Kota Kediri, untuk dapat mulai menciptakan peluang bisnis daring mereka demi berkontribusi pada pemulihan perekonomian daerah yang saat ini terdampak pandem," pungkasnya. Can

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU