Ganjar, Nasibmu!

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 06 Okt 2022 21:09 WIB

Ganjar, Nasibmu!

Hasil Tiga Lembaga Survei Perlihatkan Elektabilitas Ganjar Pranowo terdepan di banding Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Tapi Kader PKS Sodorkan jadi Cawapres Anies Baswedan

 

Baca Juga: Yusril: Prabowo-Gibran Penuhi Syarat Dilantik Presiden

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, nasibnya belum jelas. Ini terkait pencapresan pada Pilpres 2024. Padahal Elektabilitas dari beberapa lembaga survei, kader PDIP ini masih terunggul. PDIP sendiri belum senggol senggol namanya untuk dicapreskan. Justru Puan Maharani, yang sampai kini masih diunggulkan.

Sampai awal Oktober 2022, hasil tiga lembaga survei terkait calon presiden untuk pemilu 2024 memperlihatkan elektabilitas Ganjar Pranowo masih memimpin di depan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Menurut survei Indikator Politik, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) menurun pada September 2022. Sementara elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalami kenaikan.

Melalui simulasi tiga besar tokoh dalam bursa capres, Ganjar masih berada di posisi puncak dengan elektabilitas 30% pada September 2022. Angka elektabilitas ini meningkat dari survei sebelumnya yang sebesar 24,9% pada Agustus 2022.

Prabowo berada di posisi kedua dengan elektabilitas 22% dan Anies di posisi ketiga dengan elektabilitas 17,7%. Elektabilitas dua tokoh ini menurun dari survei sebelumnya yang masing-masing sebesar 22,9% dan 20,1% pada Agustus 2022.

 

Survei CSIS juga Ganjar

Sementara menurut hasil survei Centre for Strategic And International Studies (CSIS), Gubernur Jawa Tengah Ganjar kembali menjadi kandidat calon presiden (capres) terkuat pada Pemilu 2024.

Ganjar Pranowo meraih dukungan 33,3% suara responden. Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih elektabilitas 27,5% suara responden. Sedangkan, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto meraih dukungan paling kecil, yakni 25,7% suara.

Sementara itu, survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Kamis (8/9/2022), mengungkap Ganjar unggul dari Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam simulasi tertutup 3 nama yang dilakukan SMRC.  Dari simulasi tertutup 3 nama, Ganjar meraih elektabilitas 32% suara responden, diikuti Prabowo Subianto sebesar 30,8% suara responden, dan Anies Baswedan sebesar 21,9% suara responden.

 

PKS Calonkan Cawapres saja

Hal tak terduga ada pernyataan dari Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera soal Ganjar Pranowo.

Wakil rakyat dari PKS ini menyebutkan beberapa nama yang cocok mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Dan salah satunya Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Ganjar menanggapi penilaian Mardani Ali Sera, kader PDIP ini menjawab diplomatis.

Baca Juga: AMIN dan Ganjar, Akui Saksinya Dintimidasi

"Ya semua bisa berkomentar apa saja, bebas," kata Ganjar di sela acara 'Temu Bisnis Produk Dalam Negeri (PDN) Polri' Tahap IV di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (6/10/2022).

Ditanya wartawan lebih dalam, masih tak ada tanggapan lebih lanjut dari Ganjar soal penilaian dirinya cocok jadi calon wakil presiden (cawapres) Anies.

Selain Ganjar, Mardani menyebut cawapres Anies ada juga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Khofifah Indar Parawansa.

Sebelumnya diberitakan, Mardani Ali Sera menyebut partainya sempat berbincang dengan Partai NasDem soal cawapres pendamping Anies Baswedan. Mardani membeberkan beberapa nama yang dinilai cocok dipasangkan sebagai cawapres Anies.

"Berbincang. Kita kan duduknya bukannya formal, hayo ini sapa nih capresnya, cawapresnya siapa. Bisa ini bisa ini, ini juga boleh kita bilang," kata Mardani kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Mardani mengatakan tokoh yang cocok mendampingi Anies itu di luar PKS dan Partai NasDem. Dia menyebut Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo cocok untuk mendampingi Anies.

 

Belum Tahu Respon PDIP

Baca Juga: Dugaan Nepotisme Jokowi 'Dijlentrekkan' di Gedung MK

Beda dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai anak muda ini malah mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP, Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Ganjar juga mengaku sudah ada komunikasi dari PSI soal Pilpres 2024.

"Makasih. Sudah (ada komunikasi), sudah," kata Ganjar ditemui di sela acara 'Temu Bisnis Produk Dalam Negeri (PDN) Polri' Tahap IV di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (6/10/2022).

Apakah Ganjar Pranowo menerima deklarasi PSI? Ganjar mengatakan setiap partai memiliki mekanismenya sendiri dalam mengusulkan sesuatu. "Setiap partai itu kan ya punya mekanisme sendiri usulan sendiri, ya itu menjadi kewenangan mereka," katanya.

Selain itu, Ganjar mengaku belum mengetahui detail respons PDIP atas sikap PSI. "Nggak, wong dia (PSI) menyampaikan secara terbuka, kalau ke PDIP kan pasti mereka berkomunikasi antarpartai, saya belum mendapatkan informasi detail," ingat Ganjar.

 

Akan Fokus Gubernur

Ganjar sebelumnya berterima kasih kepada PSI soal deklarasi capres. Namun, Ganjar mengaku akan fokus terlebih dulu dengan tugas-tugasnya di Jawa Tengah untuk saat ini. "Terima kasih bro dan sis, tapi saya fokus kerja dulu ya buat Jateng," kata Ganjar Pranowo.

Bro dan sis adalah sapaan akrab bagi kader-kader dan pengurus PSI. Ganjar Pranowo pun mengucapkan salam khas PDIP. "Salam metal," ujar Ganjar. n erc/jk/bl/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU