Gejala Ringan Covid-19 Bagi yang Sudah Divaksin

Kegiatan vaksinasi Covid-19 oleh petugas kesehatan. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Vaksinasi Covid-19 nyatanya belum 100 persen efektif dan orang yang divaksinasi lengkap masih dapat tertular virus corona. Kasus-kasus ini, dapat menyebabkan gejala atau tanpa gejala sama sekali. Namun, mereka yang sudah vaksin Covid-19 memiliki gejala yang lebih sedikit dalam jangka waktu yang relatif lebih singkat.

Para peneliti di balik ZOE Covid Symptom Study menemukan ada lima gejala paling umum yang dilaporkan oleh mereka yang sudah divaksinasi, yakni; sakit kepala, pilek, bersin, sakit tenggorokan dan anosmia

Analisis tersebut dilakukan oleh para dokter dan ilmuwan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Harvard T.H. Chan School of Public Health, King's College London dan Stanford University School of Medicine.

"Menunjukkan bahwa mereka tidak terlalu sakit parah dan menjadi lebih baik lebih cepat," tulis para peneliti dikutip dari Miami Herald, Senin (26/7/2021).

Laporan tersebut juga menemukan bahwa beberapa gejala, termasuk batuk terus-menerus, lebih mungkin muncul pada orang yang hanya menerima satu dosis vaksin atau belum divaksinasi sama sekali.

"Anehnya, kami memperhatikan bahwa orang yang telah divaksinasi dan kemudian dites positif Covid-19 lebih mungkin melaporkan bersin sebagai gejala dibandingkan dengan mereka yang belum disuntik," kata peneliti.

"Jika Anda sudah divaksinasi dan mulai banyak bersin tanpa penjelasan, Anda harus mendapatkan tes Covid," sambungnya.

Bersin menjadi salah satu gejala paling berbeda yang dialami orang yang sudah vaksin Covid-19. Bersin bukanlah salah satu dari banyak gejala Covid-19 yang dicatat oleh CDC. Meski demikian, gejala lain seperti batuk dan anosmia juga banyak dirasakan mereka yang positif dan sudah vaksin.

Studi ini juga mengungkap faktor risiko yang membuat orang lebih berisiko terinfeksi Covid-19 setelah vaksinasi. Orang yang memiliki masalah kesehatan yang memengaruhi aktivitas hariannya, seperti kelemahan lebih berisiko terinfeksi virus corona Covid-19.

Infeksi virus corona pada orang yang sudah vaksin Covid-19 lebih rendah risikonya bila mereka menjalani gaya hidup sehat. Misalnya, pola makan sehat dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) normal. Dsy7