Gelar Job Fair Ke-24 Kalinya, Rektor UHW Perbanas: Ini Kurangi Pengangguran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Agu 2022 16:59 WIB

Gelar Job Fair Ke-24 Kalinya, Rektor UHW Perbanas: Ini Kurangi Pengangguran

i

Job Fair 2022 bertajuk "Reach Your Career", Selasa 23 Agustus 2022, di Hall C UHW Perbanas mulai pukul 09.00-15.30 WIB. SP/RESTU

Baca Juga: Job Fair Kabupaten Mojokerto Diserbu Ribuan Pencari Kerja

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas menggelar Job Fair 2022 bertajuk "Reach Your Career", Selasa 23 Agustus 2022, di Hall C UHW Perbanas mulai pukul 09.00-15.30 WIB.
 
Rektor UHW Perbanas Dr. Yudi Sutarso menyebut kegiatan job fair ini merupakan kegiatan universitas dalam rangka menyalurkan lulusan ke dunia kerja.
 
"Ini adalah bentuk komitmen universitas untuk mempermudah lulusan UHW Perbanas dalam mencari pekerjaan. Ini sudah yang ke-24, kami mulai tahun 2006," kata Dr. Yudi, Selasa 23 Agustus 2022.
 
Menurutnya, semenjak Covid-19, lulusan perguruan tinggi kesulitan dalam mencari pekerjaan. Karena itu, komitmen ini diberikan kepada para lulusan selain kepada lulusan khusus untuk UHW Perbanas juga untuk lulusan perguruan tinggi lain.
 
"Karena ada Covid, jadi berhenti. Sekarang Covid menurun, kita mulai lagi. Kita membantu mereka mempertemukan dengan perusahaan-perusahaan yang memerlukan karyawan," ia menjelaskan.
 
Sebanyak 35 perusahaan ikut dalam job fair ini. Masing-masing perusahaan tersebut punya lowongan pekerjaan sendiri-sendiri. Kendati demikian, berapa yang dibutuhkan dan berapa yang sudah terpenuhi itu naik turun.
 
"Insya Allah banyak yang kita bisa tunjukkan bahwa job fair itu banyak juga merekrut lulusan secara kuantitatif," ia menuturkan.
 
Selain memfasilitasi lulusan untuk mencari pekerjaan, ia pun menargetkan 80 persen yang dibutuhkan oleh industri bisa terpenuhi di job fair ini. Bahkan, survei terakhirnya menunjukkan sekitar 82 persen mereka mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan.
 
"Makanya kami lakukan lewat job fair ini, mereka yang membutuhkan karyawan bisa jadi lebih selektif dan mereka bisa melihat anak-anak seperti apa yang mereka butuhkan. Kalau di sini paling banyak di sektor perbankan, karena kami ini banking," ia mengungkapkan.
 
Selain menggelar job fair, UHW Perbanas juga me-relaunching jobs.perbanas.ac.id yang merupakan marketplace untuk SDM, khususnya lulusan UHW Perbanas.
 
"Mohon bisa memanfaatkan marketplace kami di jobs.perbanas.ac.id karena itu nanti continue. Kita akan cari perusahaan yang membutuhkan karyawan, mereka bisa mendaftar di situ khususnya lulusan kami. Karena itu job fair ini cuma kita gelar sehari karena kita sudah lengkapi dengan marketplacenya," ia memaparkan.
 
Nantinya lewat marketplace tersebut, para lulusan akan ditawarkan ke industri. Ia pun berharap hal tersebut bisa memfasilitasi para industri dan para lulusan mendapat pekerjaan.
 
"Mudah-mudahan ini mengurangi pengangguran," ia menandaskan.
 
Sementara itu, Nur Evita Purnamasari (23), salah satu pengunjung job fair mengaku sengaja datang jauh-jauh dari Mojokerto lantaran ingin mencari informasi seputar lowongan pekerjaan yang ada.
 
"Kalau cocok bisa langsung apply juga, mumpung ada kesempatan langsung ketemu sama pihak pencari kerjanya. Ada dua atau tiga perusahaan yang sudah di apply," kata Evita.
 
Dalam mencari pekerjaan, lulusan PPNS D4 Manajemen Bisnis tahun 2021 ini memastikan tidak terlalu memilih-milih pekerjaan, mengingat dirinya memang fresh graduate dan masih mencari pengalaman bekerja.
 
"Yang penting sesuai dengan kualifikasinya, sesuai sama skill dan kemampuan yang kita miliki juga, itu baru kita apply. Semoga bisa dapat kerja lewat job fair ini," ia memungkasi.res
 
 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU