Gelar Lomba Rias Busana Muslim dan Jawa untuk Lestarikan Budaya Tradisional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Jun 2022 21:16 WIB

Gelar Lomba Rias Busana Muslim dan Jawa untuk Lestarikan Budaya Tradisional

i

Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah saat hadir di acara lomba rias pengantin muslim di Atrium Gressmall, Rabu (29/6).

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Untuk melestarikan busana muslim dan tradisi Jawa, Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) Melati Kabupaten Gresik menggelar lomba rias pengantin muslim dan lomba fashion kostum karnival di Atrium Gressmall, Rabu (29/6).

Ketua Harpi Melati Gresik Nurul Fajriah mengatakan, kegiatan ini melibatkan perias dari 16 kecamatan di Kabupaten Gresik. Harapannya, untuk menyamakan tata cara busana pengantin khas Gresik. Sehingga adat dan budaya masih tetap terjaga.

Baca Juga: Dinkes Gresik Beri Pelayanan Keliling Bagi Warga Bawean

"Kegiatan ini untuk menyamakan para perias dalam menata busana pengantin dan fashion terhadap busana khas daerah Gresik," kata Nurul Fajriah.

Selain itu, kegiatan fashion show juga untuk memberikan semangat bagi anak-anak yang hobi fashion. Sebab, selama pandemi Covid-19 kegiatan tatap muka dibatasi oleh pemerintah.

"Dengan kegiatan ini, anak-anak yang mempunyai hobi fashion dapat tersalurkan. Dan kita, bisa mengarahkan anak-anak dalam busana dan adat Jawa," katanya.

Baca Juga: Polri TNI Berangkatkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa Bawean

Kegiatan lomba rias pengantin muslim dan lomba fashion kostum karnival mendapat perhatian dari pimpinan DPRD Kabupaten Gresik.

Diantaranya yang ikut membantu Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah dan anggota Sahrul Munir dari Fraksi PKB. Menurut Nur Sa'idah, kegiatan lomba rias pengantin ini perlu mendapat perhatian dari pemkab.

Baca Juga: DPRD Setuju Dana Cadangan Bantu Korban Bencana Gempa Bawean

Seperti di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan, sebab tata rias busana ini harus dilestarikan dan dikenalkan kepada anak -anak generasi muda.

"Kita pimpinan DPRD Gresik sangat mendukung kegiatan lomba rias pengantin dan fashion kostum karnival. Sebab, kegiatan ini dalam rangka melestarikan tradisi dan mengenalkan budaya kepada generasi muda Indonesia," kata Nur Saidah yang juga pegurus DPD Partai Gerindra Gresik.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU