Gelar Muscam, Ketua DPD : Golkar Tak akan Lari dari Pemilik Mandat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Mar 2021 18:55 WIB

Gelar Muscam, Ketua DPD : Golkar Tak akan Lari dari Pemilik Mandat

i

PD Partai Golkar Surabaya menggelar roadshow Musyawarah Kecamatan (Muscam) ke-X di sejumlah kecamatan pada Sabtu (20/3) dan Minggu (21/3).SP/ALQ

SURABAYAPAGI, Surabaya - DPD Partai Golkar Surabaya menggelar roadshow Musyawarah Kecamatan (Muscam) ke-X di sejumlah kecamatan pada Sabtu (20/3) dan Minggu (21/3).  Berbeda dengan umumnya musyawarah partai politik dalam menentukan nahkoda di tingkat kecamatan, kali ini Golkar memilih menggelar Muscam di tengah-tengah masyarakat. 

Tercatat, pada dua hari kemarin sejumlah wilayah seperti Kecamatan Wiyung, Pakal, Benowo dan Tandes sukses menggelar Muscam di lingkungan mereka. dalam Muscam terpilih Mohammad Sugiono menjadi Ketua Pimpinan Kecamatan Wiyung, Inggrid Damayanti menjadi Ketua Pimpinan Kecamatan Pakal, Soewanto Pimpinan Kecamatan Benowo dan Atang Amrulloh menjadi Ketua Pimpinan Kecamatan Tandes. 

Baca Juga: Demokrat dan Golkar, Mulai tak Sepaham

Ketua DPD Partai Golkar Surabaya, Arif Fathoni SH mengatakan, pihaknya sengaja menggelar proses konsolidasi di tengah masyarakat. Masyarakat, kata dia, adalah pemilik mandat sehingga sangat masuk akal ketika proses konsolidasi parpol digelar di balai-balai RW, warung kopi, dan tempat-tempat yang berada di tengah lingkungan masyarakat.

''Kami menyadari, sebagai Partai yang terbuka (inklusif) tidak hanya proses rekrutmen kader yang terbuka terhadap semua suku, agama, ras dan gender, namun yang lebih penting rakyat berhak tahu bagaimana proses pemilihan calon calon nahkoda partai di lingkungan masyarakat tersebut, itulah ikhtiar kami agar tetap bisa akuntabel kepada masyarakat selaku pemilik mandat dalam proses demokrasi modern,'' katanya, Senin (22/3).

 Selai itu, lanjut Anggota Komisi A DPRD Surabaya ini, dengan menggelar konsolidasi di tengah masyarakat maka Golkar menunjukkan sikap transparansi terhadap proses demokrasi di internal parpol. ''Masyarakat bisa melihat sendiri prosesnya, dan kami pastikan Golkar tidak akan lari dari pemilik mandat,'' katanya. 

Baca Juga: Suara Meningkat di Surabaya, Golkar Berhak Dapat Kursi Pimpinan Dewan

Dia menambahkan, sebagai institusi yang menerima bantuan keuangan dari APBD yang bersumber dari pajak dan retribusi, yang menjadi penopang sebagian operasional partai disamping iuran anggota, pihaknya berkewajiban melakukan pendidikan politik kepada masyarakat melalui serangkaian proses kegiatan politik tersebut. 

''Karena masyarakat berhak tahu digunakan untuk apa saja anggaran tersebut, '' katanya.

Baca Juga: Politisi Muda Demokrat Mereaksi Politisi Gaek Golkar

 Toni juga mengucapkan selamat kepada para pemimpin baru di masing-masing kecamatan. ''Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, pelaksanaan Muscam berjalan lancar, dan selamat bekerja pemimpin baru di masing-masing kecamatan, teruslah berkarya untuk masyarakat dengan tanpa pamrih, karena agama mengajarkan barang siapa memudahkan urusan manusia, maka Allah akan memudahkan urusannya,'' kata Toni.

 Dalam kesempatan tersebut, Toni mengajak seluruh kader Golkar untuk mendoakan agar Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam mengemban tugas membantu Presiden Jokowi memulihkan ekonomi nasional sebagai dampak pandemi Covid 19 yang melanda semua negara negara di dunia. Alq

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU