Gelar Peningkatan Kapasitas TP PKK, Ikfina Minta TP PKK Dapat Bekerja Secara Profesional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Agu 2022 17:47 WIB

Gelar Peningkatan Kapasitas TP PKK, Ikfina Minta TP PKK Dapat Bekerja Secara Profesional

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Guna meningkatkan motivasi pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan sekretaris dan bendahara TP PKK desa, serta mengupayakan modernisasi PKK dan mengkonsolidasikan TP PKK desa.

Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto menggelar peningkatan kapasitas bagi sekretaris dan bendahara Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kabupaten Mojokerto, di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Rabu (24/8) pagi. 

Baca Juga: Perkokoh Sinergitas, Pemkab Mojokerto Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan Ulama dan Umaro

Agenda yang bertajuk 'Modernisasi organisasi PKK dengan memanfaatkan teknologi', diikuti sebanyak 316 peserta dari eks pembantu Bupati Mojokasri yang meliputi Kecamatan Dawarblandong, Jetis, Gedeg, Kemlagi serta dari eks pembantu Bupati Mojosari yang terdiri dari Kecamatan Mojosari, Ngoro, Dlanggu, Kutorejo, dan Pungging.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, menjelaskan, pada saat ini dengan diaturnya terkait kegiatan PKK melalui peraturan pemerintah yang diturunkan dalam Permendagri serta diatur juga dalam undang-undang, menunjukkan bahwa gerakan PKK saat ini semakin diakui dan didukung. 

"Maka PKK ini harus dikelola dan dijalankan secara profesional," Ujarnya.

Masih Ikfina, Ia juga menilai, suatu organisasi bisa berjalan dengan bagus, profesional, dan dapat dipertanggungjawabkan, ketika inti dari organisasi tersebut dapat mengelola koordinasinya dengan baik.

Baca Juga: Bupati Mojokerto Instruksikan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Rp 340 Miliar

"Ini akan bisa berjalan dengan baik itu ada pada dua orang, yakni sekretaris dan bendahara itu yang penting," ujarnya. 

Selain itu, dalam menjalankan tugas sebagai sekretaris dan bendahara agar organisasi gerakan PKK bisa berjalan dengan baik, Ikfina juga menjelaskan, sebagai sekretaris harus bisa mengkoordinasikan serta mencatat seluruh pengadministrasian dan sebagai bendahara dalam pengelolaan anggarannya harus dapat dipertanggungjawabkan secara transparansi.

"Ya tinggal lihat, sebagai sekretaris dari kegiatannya, dokumen-dokumennya kemudian untuk bendahara keuangannya seperti apa, dari keuangan itu kita bisa lihat organisasi ini berjalan secepat apa dan sekompleks apa dari catatan-catatan uang keluar masuk yang di buku oleh bendahara," bebernya. 

Baca Juga: Ratusan Anak Yatim Trowulan Terima Santunan Bupati Ikfina

Ikfina juga meminta kepada seluruh TP PKK Desa, dapat bekerja secara profesional dan solid agar 10 program pokok PKK yang diharapkan dapat mendukung kinerja pemerintah desa  bisa berjalan dengan baik.

"Ketika kemudian sudah komitmen mau masuk di dalam gerakan PKK menjadi bendahara dan sekretaris PKK berarti memang harus siap untuk bekerja secara profesional, itu sudah konsekuensinya," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU