Gelar Program "Jum'at Curhat", Polres Pelabuhan Tanjung Perak Tampung Aspirasi Warga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 29 Jan 2023 09:24 WIB

Gelar Program "Jum'at Curhat", Polres Pelabuhan Tanjung Perak Tampung Aspirasi Warga

i

Program Jum'at Curhat yang dilaksanakan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya di jalan Greges Barat, Surabaya, Jum'at (27/1/2023). SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar kegiatan Jum’at Curhat di jalan Greges Barat, Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya pada Jumat (27/01/2023) pagi.

Kegiatan dikemas dengan duduk bersama polisi dan masyarakat di Tambat Labuh Sontoh Laut untuk menyerap aspirasi warga setempat.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Resmikan Gedung Baru PMI

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Herlina bersama anggota lainnya serta Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan. Sementara dari sisi peserta yang hadir adalah Lurah Tambak Sarioso, City Mangezong Negeri Pertiwi, SH., tokoh masyarakat, Kader Surabaya Hebat, dan Warga Nelayan Greges Surabaya.

Kapolres AKBP Herlina mengatakan, kegiatan Jumat curhat merupakan Progam Polda Jatim agar Polri turun ke masyarakat untuk mendengarkan curhat langsung warga terkait permasalahan keluhan warga maupun terkait pelayanan Polri.

"Kami dengarkan keluhan masyarakat terkait dengan situasi kamtibmas di wilayah masing-masing termasuk di Greges Barat RW.IV Kelurahan Tambak Sarioso Kecamatan Asemrowo Surabaya kali ini," kata wanita yang akrab disapa Ndan Herlina itu, Jum’at (27/01/2023).

Ia menjelaskan bahwa Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya telah melaksanakan kegiatan Jumat Curhat ini secara rutin. Kegiatan digelar pada Jumat baik di tingkat polres maupun seluruh polsek jajaran.

"Polri dengan masyarakat saling membutuhkan untuk menciptakan Harkamtipmas yang kondusif. Dan warga harus bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri agar dapat mengamankan dirinya sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut, AKBP Herlina menambahkan, yang menjadi sasaran kegiatan Jumat Curhat kali ini adalah seluruh lapisan masyarakat yang terdiri dari Kader Surabaya Hebat, warga nelayan Greges, masyarakat umum, dan sebagainya.

Baca Juga: DSDABM Kota Surabaya Akan Segera Tuntaskan 245 Titik Banjir di Surabaya

AKBP Herlina berharap, kegiatan tersebut mampu menyerap aspirasi, saran, maupun keluhan masyarakat terkait kamtibmas. Sehingga, dapat dilakukan tidak lanjut atas saran yang disampaikan guna mendukung kamtibmas yang kondusif.

Sejumlah aspirasi yang disampaikan masyarakat dalam Jumat Curhat tersebut salah satunya diungkapkan oleh Purwandi selaku Ketua RT.2 RW.I Kelurahan Tambak Sarioso. Purwandi menyarankan adanya bantuan alat berupa CCTV dari Polres Pelabuhan Tanjung untuk memantau situasi sehingga nantinya dapat membantu tugas Polri.

Menanggapi aspirasi tersebut, AKBP Herlina menyampaikan bahwa dalam upaya menjaga keamanan di lingkungan pemukiman warga tidak harus mengandalkan CCTV. Namun, lebih pada keperdulian warganya. Maka dari itu, harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan lingkungannya dengan memaksimalkan fungsi siskamling warga.

Sementara itu, Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan dalam kesempatan itu mengungkapkan, berulang kali anggota melakukan kegiatan ungkap curanmor dan pencuri yang dimana sekitar kurang lebih ada 18 kasus dan pelakunya masih anak dibawah umur.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Minta Surveyor Gali Informasi untuk Atasi Kemiskinan

"Kami memohon dalam setiap adanya kejadian, jangan main hakim sendiri, jika tertangkap tangan serahkan pada pihak yang berwajib kepolisian setempat untuk dilakukan proses secara hukum," ujar Kompol Hari.

Dalam kegiatan itu, juga diserahkan bantuan sosial berupa paket beras kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Bantuan sosial diserahkan langsung kapolres dan Kapolsek Asemrowo Surabaya di lokasi kegiatan," tutupnya. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU