Gelar Rakor, Forkopimda Kabupaten Mojokerto Bahas Ketersediaan Pupuk Hingga Pengawasan Distribusi Pupuk

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 25 Agu 2022 20:38 WIB

Gelar Rakor, Forkopimda Kabupaten Mojokerto Bahas Ketersediaan Pupuk Hingga Pengawasan Distribusi Pupuk

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mojokerto menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Wilayah (Bimwil) Kabupaten Mojokerto, di Hotel Royal Trawas, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Kamis, (25/8) siang.

Rakor yang dipimpin oleh Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Didik Chusnul Yakin ini, guna mengatasi kelangkaan pupuk dan upaya pengawasan terhadap distribusi pupuk di Kabupaten Mojokerto. Dalam Rakor kali ini juga turut dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Baca Juga: Bangunan Bekas Bengkel di Mojokerto Dilalap si Jago Merah, 3 Unit PMK Diterjunkan

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengatakan, bahwa rakor bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto dengan melibatkan OPD terkait ini, guna membahas dan mengevaluasi sejauh mana ketersediaan pupuk di Kabupaten Mojokerto.

Terlebih setiap musim tanam terjadi, persoalan pupuk selalu menjadi keluhan para petani di Kabupaten Mojokerto, oleh karenanya pihaknya perlu memastikan sejauh mana ketersediaan pupuk dan distribusinya di Kabupaten Mojokerto.

"Ini harus ada penyelesaian untuk menjamin ketahanan pangan kita, apalagi persoalan pupuk langkah ini sudah menjadi persoalan secara nasional," ucapnya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran DBD, Pemkab Mojokerto Gelar Fogging Serentak

Ikfina akan mengupayakan untuk mengurai berbagai persoalan yang muncul terkait kelangkaan pupuk melalui data-data yang dimiliki Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto. 

"Karena ini sangat penting dan berkesinambungan dengan persoalan ketersediaan pangan," ujarnya.

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

Selain itu, Ikfina juga menekankan untuk terus bekerja sama dalam merubah pemahaman masyarakat terkait dengan ketersediaan pupuk, menurut Ikfina, salah satu solusi pilihan dalam mengatasi ketersediaan pupuk ini adalah dengan merubah bahan pupuk  dengan bahan yang mudah didapat dari lingkungan sekitar.

"Hal ini yang harus dirubah dari mindset masyarakat, dengan hal itu kita akan lebih mudah memutus mata rantai kelangkaan pupuk," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU