Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jatim, BMKG Imbau Nelayan Waspada

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Feb 2021 15:59 WIB

Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jatim, BMKG Imbau Nelayan Waspada

i

Perkiraan cuaca perairan laut Jatim. SP/BMKG Tanjung Perak

SURABAYAPAGI,Surabaya - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak mengingatkan bahaya gelombang tinggi di pesisir Jawa Timur (Jatim). BMKG memperkirakan, gelombang tinggi akan terjadi hingga dua hari kedepan.

"Gelombang maksimal 3 meter di samudera hindia selatan Jatim dan perairan selatan Jatim" kata Koordinator Bidang Observasi dan informasi BMKG Tanjung Perak Sutarno, Selasa (09/02/2021).

Baca Juga: Wilayah Pesisir Diminta Waspadai Banjir Rob

Selain di wilayah perairan selatan, gelombang setinggi 2 meter juga menerpa perairan laut Jatim Masalembu dan perairan utara pulau Madura.

"Kondisi cuaca di sebagian besar wilayah perairan Jatim cenderung hujan ringan hingga sedang," katanya

Baca Juga: BMKG Warning Ketinggian Gelombang Laut di Perairan Jawa Capai 6 Meter

Untuk arah angin sendiri didominasi dari arah barat-barat laut dengan kecepatan maksimum di laut Jatim sebesar 19 knots atau 36 km/jam dan di samudera hindia selatan Jatim sebesar 15 knots atau 28 km/jam.

Kepada para  pengguna jasa pelayaran dan nelayan tradisional, Sutarno menghimbau agar selalu tetap waspada dalam beraktifitas melaut.

Baca Juga: BMKG: Waspada Gelombang Laut di Perairan Jatim Capai 4 Meter

"Mengingat bulan Februari masih puncak musim penghujan, waspada hujan ringan hingga sedang pada sore hari karena akan mengganggu aktivitas melaut dan selalu update info cuaca dari BMKG Tanjung Perak Surabaya," himbaunya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU