Gemar Desain, Sukses Dirikan Usaha Konveksi dan Distro

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 10 Jun 2021 10:30 WIB

Gemar Desain, Sukses Dirikan Usaha Konveksi dan Distro

i

Ongky Christanto. SP/ YGY

SURABAYAPAGI.com, Yogyakarta - Bermodal seperangkat komputer dan meja kayu, kini Ongky Christanto telah sukses membangun usaha konveksi dan distro yang telah dirintisnya sejak lima tahun lalu. Melalui desain kaos karyanya, Ongky ingin mengenalkan Yogya dengan cara cerdas dan yang berbeda.

Sejak remaja pemuda asli Yogya ini memiliki minat dalam seni desain grafis. Memanfaatkan komputer yang ada di rumahnya, Ongky gemar membuat rancangan gambar dengan gaya kekinian ala anak muda, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Mantan Buruh yang Sukses Jadi Peternak Sapi

Awalnya gambar-gambar hasil karyanya itu hanya ia koleksi sendiri hingga memenuhi hardisk komputer miliknya. Ongky remaja saat itu belum terpikirkan untuk memanfaatkan kelebihannya itu sebagai sebuah peluang usaha.

Hingga akhirnya saat Ongky beranjak dewasa dan menuntut ilmu di SMA Kolese De Britto Yogyakarta pada tahun 2012, ia baru menyadari jika kererampilannya itu sangat bermanfaat.

Untuk satu kaos kala itu Ongky memasang harga Rp 55.000. Harga tersebut nantinya dipotong untuk biaya produksi kaos dan sablon di konveksi sebesar Rp 40.000. Jadi dari satu kaos uang dijualnya ia hanya mendapat untung Rp 15.000.

Bisnis kecil-kecilan itu terus Ongky jalankan. Untuk menarik minat teman-temannya, tiap empat bulan sekali Ongky selalu meluncurkan desain baru. Bila ada momen-momen tertentu seperti even basket di sekolah atau pentas seni, Ongky tak ketinggalan menawarkan gambar dengan desain tersebut.

Baca Juga: Dari Jajanan Ndeso, Kini Rambah Retail Modern dan Ekspor

Konsumennya kian hari terus bertambah, beberapa pelajar sekolah tersebut mulai banyak tertarik dengan kaos yang ditawarkan Ongky. Dari mulut ke mulut akhirnya produk kaos yang saat itu belum memiliki brand itu perlahan mulai dikenal dan merambah segmen pasar di luar sekolah tempatnya menuntut ilmu.

Pesanan yang datang tak hanya dari lokal Yogya saja, beberapa perusahaan nasional bahkan luar pulau menjadi kustomer Ongky. Bahkan produksi Ongky ini juga dipercaya sebagai official merch dari tim sepak bola PSIM Yogyakarta.

Berbeda kaos-kaos bertemakan Yogya, Ongky tak mau begitu menonjolkan nama kota maupun ikon-ikon kondang yang ada. Ia justru mengemas tema desain dengan konsep lain agar orang bisa melihat Yogya dengan cara yang cerdas.

Baca Juga: Sukses Produksi Makanan dan Minuman Janggelan

Ongky optimis bisnis konveksi yang digelutinya itu akan mampu bertahan ditengah banyaknya usaha serupa. Baginya tak ada hasil manis yang akan diperoleh tanpa adanya usaha dan perjuangan keras. Dsy8

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU