Gempa di Malang, Punya Spektrum Guncangan Sampai Bali

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Apr 2021 08:04 WIB

Gempa di Malang, Punya Spektrum Guncangan Sampai Bali

i

Kondisi salah satu Rumah Sakit di Malang, akibat gempat pertama berkekuatan 6,7 Skala Ritcher.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Gempa di Malang yang memiliki kedalaman 25 km, Sabtu kemarin terasa di seluruh wilayah Jawa Timur, bahkan sampai Bali hingga Sumbawa.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan gempa tersebut memiliki spektrum guncangan yang luas. Sehingga dirasakan hingga Banjarnegara dan Bali. "Gempa ini memiliki spektrum guncangan yang luas yang dirasakan hingga daerah Banjarnegara di barat dan Bali di timur," kata Daryono, kepada wartawan, Minggu (11/4/2021) tadi.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Bantuan Logistik hingga Trauma Healing Terpenuhi

Adanya spektrum itu dipengaruhi oleh hiposenter gempa yang berada di kedalaman 25 km. "Adanya spektrum guncangan yang luas ini berkaitan dengan hiposenter gempanya yang cukup dalam," ujarnya.

BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur. Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa Malang memiliki kedalaman 25 km.

Baca Juga: DPRD Setuju Dana Cadangan Bantu Korban Bencana Gempa Bawean

Berdasarkan data hingga Sabtu (10/4) pukul 21.00 WIB, jumlah korban akibat gempa Malang tercatat 8 orang. Sebanyak 5 orang dari Lumajang, sedangkan 3 orang lainnya asal Malang.

Ternyata ada 25 korban luka mulai ringan, sedang, hingga berat. Lalu, kerusakan juga terjadi di 16 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Baca Juga: Kontainer Command Center TRC-PB Tahan Gempa Diresmikan

Sampai tadi dari 25 korban ada yang luka mulai ringan, sedang, hingga berat. Sedang kerusakan juga terjadi di 16 kabupaten/kota di Jawa Timur. (erc/rmc)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU