Home / Peristiwa : Awal Ramadan di Masjid Al-Akbar

Generasi Gen-Z Paling Antusias, Usai Salat Tarawih, Lanjut Ngadem...

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Mar 2023 20:11 WIB

Generasi Gen-Z Paling Antusias, Usai Salat Tarawih, Lanjut Ngadem...

i

Suasana Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (23/3/2023) malam usai Salat Tarawih, tak lanjut pulang, beberapa jamaah asyik nongkrong dan mencari jajanan di sekitaran Masjid. SP/Timotius Devan

Hingga hari kedua Ramadan 1444 Hijriyah, Jumat (24/3/2023), sudah lebih dari 10 ribu jemaah memadati Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya untuk mengikuti ibadah Tarawih. Ini sebagai penanda telah dibukanya akses 100 persen jamaah bisa beribadah di Masjid Al-Akbar Surabaya. Bahkan, tema yang diusung tahun ini yakni Ramadan Ceria Ibadah Bahagia, dengan harapan semakin banyak jemaah yang merasa nyaman datang ke Masjid, terutama Gen-Z.

 

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

SURABAYA, Timotius Devan

 

Helmy M. Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mengatakan, dirinya dan seluruh pengurus Masjid merasa sangat senang melihat antusias jemaah untuk salat di masjid semakin tinggi.

Hal ini dikarenakan sistem peribadatan tahun ini lebih longgar dibandingkan tiga tahun kemarin sejak Covid-19 masuk di Indonesia. Ditambah, putusan pemerintah yang secara resmi mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia pada sejak 30 Desember 2022 lalu.

“Alhamdulillah, antusias jamaah sudah tinggi untuk beribadah di Masjid Al Akbar. Kalau dulu itu shafnya harus berjarak dan dibatasi. Sekarang sudah rapat kembali dan penuh,” ucap Helmy M. Noor, saat ditemui Surabaya Pagi, usai Shalat Tarawih, Kamis (23/3/2023) malam.

Selain itu Helmy, juga menyampaikan bahwa di tahun ini Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya kembali melakukan pembagian takjil sebanyak dua ribu pack sehari.

“Hari ini (kemarin, red) dua ribu pack takjil itu habis, ya Alhamdulillah jamaah yang memang berkenan untuk buka puasa di sini terlayani dengan baik,” lanjut Helmy.

 

Respon Jamaah Positif

Tanggapan dari para jamaah pun sangat positif, lanjut Helmy, mendapati beberapa orang yang mengungkapkan kerinduannya akan salat berjamaah seperti ini.

Baca Juga: Ahli: Waktu Minum Kopi yang Pas Ketika Bulan Ramadhan

“Mereka memang menantikan suasana yang seperti ini dari beberapa tahun lalu, bisa dilihat di dekat air mancur atau di taman-taman Masjid masih ada beberapa orang yang ‘jagongan’ atau sekedar menikmati hidangan takjil bersama keluarga dan teman," ceritanya.

Tanggapan ini sesuai dengan beberapa jemaah yang ditemui Surabaya Pagi selepas Salat Tarawih, Kamis (23/3) malam kemarin.

Salah satunya Wawan dan Dian beserta anaknya yang sedang asyik bermain di halaman Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Keluarga muda asal Waru Sidoarjo ini memang sengaja menjalankan salat tarawih di sini, selain karena libur, mereka juga ingin melepas rindu dengan suasana salat tarawih berjamaah seperti malam ini.

“Rasanya lega sekali, karena setelah dua tahun dikepung pandemi seperti kemarin yang bahkan mau salat saja susah, sekalinya bisa salat berjamaah harus berjarak, lalu sekarang bisa normal lagi, jadi ya lega mau salat di mana saja bebas, seperti kembali ke awal lagi," cetus Wawan.

Senada juga diungkapkan Muhammad Akbar Rayes asal Pondok Jati Sidoarjo, yang antusias mengajak seluruh keluarga untuk beribadah di masjid untuk salat tarawih.

“Kebetulan hari pertama puasa kemarin, tanggal cantik bagi saya, jadi saya ajak seluruh keluarga saya salat tarawih di sini sebagai titik balik perubahan agar kedepannya semakin lebih baik dibanding tahun-tahun kemarin," ucapnya.

Baca Juga: Ngabuburit di Masjid Al-Akbar Surabaya: Berburu Takjil, Mengaji, hingga Olahraga Ringan

Menurut Akbar, titik balik perubahan terutama saat pandemi, karena segala sesuatu terkendala oleh pandemi Covid-19. "Senang sekali semua sudah kembali seperti semula, tinggal perekonomian saja yang semoga semakin pulih juga,” lanjut Akbar.

 

Sasar Gen-Z

Sedangkan, terkait tema Masjid Al-Akbar, yang menyasar generasi milenial. Helmy M. Noor menyampaikan tentang salat tarawih hari pertama puasa juga didominasi oleh generasi milenial (Gen-Y) hingga Gen-Z.

Menurutnya hal ini sesuai dengan tema yang diusung pengurus Masjid Nasional Al-Akbar untuk bulan suci kali ini, yakni “Ramadan Ramah Genzi”.

“Sebisa mungkin kami akan menarik para kaum muda untuk terbiasa atau bahkan senang datang ke Masjid, kami juga mulai menggelar lomba-lomba bagi para Gen-Z, bukan hanya yang berkaitan dengan agama, tapi ada juga seperti lomba lato-lato, fotografi, vlog dan lainnya. Memang kita ingin membuat suasana di bulan Ramadan kali ini semakin ceria, seperti tagline yang kami buat yaitu Ramadan ceria ibadah bahagia,” ungkap Helmy. dev/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU