Genjot Mahir Bahasa Jepang, SMAMDA Sidoarjo Datangkan Guru Tamu dari Jepang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 15 Sep 2022 16:29 WIB

Genjot Mahir Bahasa Jepang, SMAMDA Sidoarjo Datangkan Guru Tamu dari Jepang

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo (SMAMDA) kedatangan tamu kehormatan yakni guru bahasa dari negara Sakura Jepang nona Takatsuka Raku Sensei, yang akan meningkatkan minat siswanya dalam berbahasa Jepang. “Selamat pagi. Nama saya Takatsuka Raku. Saya dari Jepang,” kata Raku memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia yang terbata-bata di hadapan guru dan siswa, Kamis (15/9/2022). Kemudian ia melanjutkan kalimatnya dengan bahasa Jepang.

Saat kehadiran Takatsuka Raku di SMAMDA,disambut meriah oleh ratusan siswa dan disambut dengan tarian tradisional yang diperagakan oleh siswa Smamda sendiri.

Baca Juga: Warga Sidoarjo Minta KPK Segera Tahan Gus Muhdlor

Usai prosesi penyambutan dengan penyerahan bunga yang dilakukan Waka Kesiswaan SMAMDA Moh Ernam, Takatsuka Raku yang didampingi guru Smamda, melakukan dialog dengan siswa sekaligus memperkenalkan diri.

Kedepannya nanti, Takatsuka akan masuk dalam kelas-kelas tertentu, dengan mengatakan akan mengajar tentang Bahasa Jepang.

“Diantaranya mengenai seni dan budaya Jepang, tentang musik, tentang olahraga basket. Juga tari-tarian khas Jepang. Termasuk tentang makanan-makanan Jepang,” kata Takatsuka Raku yang gemar makanan Indonesia nasi goreng dan soto ayam. 

Baca Juga: H-2 Lebaran, Volume Sampah di TPA Jabon Naik Hampir 100 %

Sensei (guru) Takatsuka Raku mengaku senang bisa menjadi guru di SMAMDA Sidoarjo. Alasannya, karena penyambutan kedatangannya dinilai sudah sangat luar biasa dan ramai sekali. Padahal, di sekolah-sekolah Jepang situasinya sangat tenang.

Program Smamda ini, merupakan program Guest Teacher dengan menghadirkan guru dari Jepang ini merupakan bentuk kerjasama sama dengan JF (Japan Foundation) yang menghadirkan guru-guru dari Jepang.

Mereka ditugaskan di sekolah-sekolah seluruh Indonesia untuk mengajar tentang bahasa Jepang, seni dan budaya Jepang.

Baca Juga: Proyek Miliaran Tak Transparan, Anggaran Desa Penambangan Diduga Diselewengkan

Wakil Kepala SMAMDA Sidoarjo M Ernam menegaskan kedatangan guru tamu, Takatsuka Raku karena Program Guest Teacher. Program ini sengaja menghadirkan guru tamu asal Jepang ini sebagai bentuk kerjasama sama dengan Japan Foundation (FJ) selama bertahun-tahun.

"Dalam kerjasama itu kami selalu berupaya menghadirkan guru-guru dari Jepang. Mereka ditugaskan di sejumlah sekolah di seluruh Indonesia untuk mengajarkan bahasa, seni dan budaya Jepang dalam beberapa bulan kedepan," katanya. sg

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU