Genjot Pemulihan Ekonomi Dua Daerah Lewat Pelayaran Surabaya-Maumere

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 25 Jan 2022 19:17 WIB

Genjot Pemulihan Ekonomi Dua Daerah Lewat Pelayaran Surabaya-Maumere

i

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony saat melakukan sidak di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. SP/Alqomar

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony mengungkapkan, pelayaran rute Surabaya-Maumere bakal membawa banyak dampak baik untuk pertumbuhan ekonomi kedua pihak, terutama Surabaya dan Kabupaten Sikka. 

Thony menjelaskan, saat jalur pelayaran dari Surabaya ke Maumere  terputus, kemerosotan ekonomi terjadi di Kabupaten Sikka. Hal itu diperparah dengan pembatasan-pembatasan semasa terjadinya pandemi Covid-19.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

"Jika pelayaran Surabaya-Maumere ditutup, maka jalur transportasi dan pengiriman barang akan lebih panjang. Tentu saja berimbas pada tingginya biaya ekonomi. Ini jadi kendala bagi Kabupaten Sikka saat ingin mendatangkan atau mengirim barang," terang Thony.

Selain memangkas waktu dan biaya ekonomi, manfaat lain dari pelayaran tersebut adalah untuk memastikan stabilitas harga dan mencegah kelangkaan barang. Sebab, jika tak ada rute pelayaran Surabaya ke Maumere, maka biaya ekonomi yang tinggi bakal menyebabkan kelangkaan barang karena sulitnya transportasi. 

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

"Hal itu berdampak pula pada perkembangan dan pembangunan daerah yang bisa terhambat. Jadi, ini bukan sekadar perihal ekonomi saja. Tapi juga tentang kemajuan daerah," ungkap Thony. Pelayaran tersebut, diyakini Thony, juga bakal mampu menggerakkan potensi daerah di Kabupaten Sikka agar bisa masuk ke Surabaya dan menembus daerah lain.

Thony juga mendorong ada kunjungan antar kepala daerah untuk membahas kelanjutan kerjasama tersebut. Termasuk tentang kesepakatan komoditi dari Kabupaten Sikka yang bakal dibawa ke Surabaya. Thony menyarankan Pemkot Surabaya untuk melakukan gathering kepada para pengusaha atau UMKM, baik di Kota Surabaya atau Kabupaten Sikka yang sempat jatuh saat pandemi.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

"Pembukaan jalur tersebut juga bakal menjadi kesempatan UMKM kedua daerah untuk memperluas pasarnya. Jadi, akan sangat baik jika Pemkot bisa melakukan gathering untuk mereka," ujar Thony.  

Thony berharap, kedepan, pelayaran tersebut bisa menjadi simbiosis mutualisme untuk kedua pihak. "Semoga pelayaran rute Surabaya-Maumere bisa menjadi ladang baru untuk Surabaya memulihkan ekonominya yang sempat menurun saat pandemi. Sedangkan untuk Kabupaten Sikka, semoga bisa memberikan manfaat bagi kemajuan daerahnya," tutur Thony. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU