Genjot Perekonomian, Kemenhub Gagas Konektivitas Transportasi Tulungagung dan Sekitarnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Mei 2023 13:58 WIB

Genjot Perekonomian, Kemenhub Gagas Konektivitas Transportasi Tulungagung dan Sekitarnya

i

Kegiatan sosialisasi konektivitas transportasi di Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya, Senin (22/5/2023). Foto: SDP.

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) mengadakan sosialisasi konektivitas transportasi di Tulungagung dan sekitarnya. Kegiatan sosialisasi berlangsung di Hotel Crown Victoria Tulungagung, Senin (22/5/2023).

Acara ini turut melibatkan pemerintah daerah sekitar seperti Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Kediri dan Kota Blitar.

Baca Juga: Gelontorkan Rp 15,3 Miliar untuk Subsidi Tiket Kapal, Kemenhub: Tahun Ini Ada Kenaikan

Adapun sosialisasi ini digelar dengan tujuan untuk merumuskan program konektivitas transportasi di daerah-daerah yang terlibat.

Analis Kebijakan Utama Kemenhub, Umar Aris mengungkapkan bahwa pada prinsipnya Baketrans mendengarkan apa yang dibutuhkan daerah. Umar mengaku pihaknya akan mencatat usulan pemerintah daerah dan diwujudkan dalam rencana pengembangan perhubungan.

“Kalau berhenti di sini maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Karena itu usulan akan kami catat untuk dijadikan kebijakan,” kata Umar, Senin (22/5/2023).

Menurutnya, transportasi yang baik akan memberikan multiplier effect, termasuk pengembangan potensi daerah. Ia menilai, nfrastruktur transportasi dan integrasi moda transportasi sangat penting untuk mendongkrak perekonomian.

Umar mengklaim, transportasi yang baik tidak hanya menunjang pergerakan manusia, namun juga distribusi barang dalam kegiatan produksi.

“Agar ekonomi tumbuh optimal dan punya daya saing harus didukung infrastruktur dan integrasi moda,” ujarnya.

Baca Juga: Pj Bupati Tulungagung Serahkan Bantuan Korban Tertimpa Pohon Tumbang

Maka dari itu, lanjut Umar, diperlukan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan konektivitas. Bersama pemerintah daerah, diharapkan program pembangunan infrastruktur transportasi bisa berjalan dengan optimal.

Umar menjelaskna, sosialisasi ini akan merekam kebutuhan transportasi setiap daerah. Mulai dari jalan, kereta api dan moda transportasi laut.

“Kami bisa merekomendasikan kebijakan transportasi. Dari sosialisasi ini, kami akan banyak menerima masukan,” ungkapnya.

Rencana pengembangan konektivitas transportasi wilayah Tulungagung dan sekitarnya itu disambut baik oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Pasalnya, rencana tersebut dinilai dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga: Kemenhub: Pemudik Pesawat 2024 Diproyeksi Capai 4,4 Juta Orang, Naik 12%

"Dengan pengembangan konektivitas transportasi wilayah Tulungagung dan sekitarnya tentunya diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penduduk lokal, memudahkan perjalanan antarlokasi, serta menghubungkan wilayah dengan pusat-pusat ekonomi, pendidikan, dan pariwisata," terang Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Maryoto menyebut bahwa Tulungagung yang terletak di sisi selatan wilayah Jawa Timur memiliki posisi yang menguntungkan.

"Seiring dengan terbukanya akses kawasan selatan saat ini di wilayah Tulungagung mulai berkembang kawasan wisata pantai namun terdapat beberapa lokasi pantai yang masih terkendala dengan aksesibilitas yang belum optimal," ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Tulungagung ini berharap dengan dukungan konektivitas transportasi diharapkan akan mampu meningkatkan perekonomian wilayah Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya. tlg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU