Home / Ekonomi dan Bisnis : Dukung Ekonomi Digital Surabaya

Grab Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kota Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 03 Jun 2021 17:38 WIB

Grab Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kota Surabaya

i

Sandy Dharma Titotanusaputra, Head of East Java, Grab Indonesia mewakili Grab Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kota Surabaya. SP/Alqomar

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital Surabaya Grab meresmikan kemitraan strategis dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk terus mengembangkan ekonomi digital di Kota Surabaya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Grab dengan Pemerintah Kota Surabaya dilaksanakan di tengah perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke-728 yang diadakan Halaman Balai Kota Surabaya pada tanggal 31 Mei 2021. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Lingkup kerja sama ini mencakup pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta pengembangan dan promosi pariwisata. Melalui kerja sama ini, teknologi yang dihadirkan Grab akan membantu pemerintah mengembangkan berbagai sektor agar roda perekonomian Surabaya terus bergerak.

Director of East Indonesia, Grab Indonesia, Halim Wijaya menjelaskan komitmen Grab untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. 

“Perkembangan ekonomi digital sangat potensial dirasakan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, termasuk di tengah pandemi. Grab senang dan bangga dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk menghadirkan berbagai inisiatif agar dapat mendukung ekonomi digital di Surabaya,” ungkapnya, Kamis (3/6).

Halim melanjutkan, dengan memanfaatkan teknologi Grab yang inklusif, serta peningkatan keterampilan, juga penyediaan kesempatan lebih banyak bagi masyarakat Surabaya, Grab berharap dapat terus membantu mengembangkan UMKM, bidang pariwisata, hingga sarana transportasi di Surabaya. 

“Hal ini penting untuk membantu pemerintah Kota Surabaya untuk mewujudkan perekonomian inklusif dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembukaan lapangan kerja baru,” ujarnya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyambut baik dukungan dan kerjasama pemerintah kota surabaya dengan Grab, “Kami sangat mengapresiasi inisiatif Grab dalam membantu upaya pemerintah untuk mendorong perekonomian digital di Surabaya,” katanya.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Melalui berbagai inovasi dan teknologi dari Grab, diharapkan dapat membawa dampak positif bagi Kota Surabaya dalam mendukung digitalisasi UMKM lokal, dan juga turut mendukung berbagai destinasi wisata. 

“Kami juga berharap kerjasama ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Surabaya yang mana juga sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Surabaya untuk bergotong royong menuju Surabaya yang maju, humanis, dan berkelanjutan, termasuk memperkuat daya saing dan perekonomian lokal,” kata Eri. 

Kerjasama tersebut fokus kepada 2 hal melalui kerja sama strategis ini, mencakup: Dukungan untuk UMKM: 

Program pembinaan, penguatan dan promosi UMKM, serta penggunaan layanan Grab pada portal bela pengadaan. Grab dan Pemerintah Kota Surabaya akan melaksanakan berbagai pelatihan untuk membantu proses adaptasi UMKM agar dapat terus bertahan dan mengembangkan usahanya, dengan memanfaatkan platform digital. Grab juga menjadi salah satu pemasok produk UMKM mitra Grab untuk keperluan pemerintahan Kota Surabaya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Segera Cairkan Gaji ke-13 Non ASN

Dukungan untuk Pariwisata: Program dukungan terhadap pariwisata di Surabaya melalui integrasi layanan transportasi, promo perjalanan ke destinasi wisata, dan promosi informasi destinasi wisata di aplikasi Grab.

Dalam pelaksanaan berbagai program yang diresmikan pada kesempatan ini, Grab akan berkolaborasi erat dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Perdagangan, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. 

Sebelumnya, Grab juga telah berkolaborasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk mendukung inovasi Online Delivery dalam perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui pengantaran dengan GrabExpress. 

Program ini merupakan inovasi yang bertujuan untuk memangkas birokrasi pengurusan perpanjangan SIM dan memudahkan masyarakat Jawa Timur dalam proses memperpanjang masa berlaku SIM dan pengiriman SIM langsung ke rumah. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU