Grajagan Festival Fishing 2023, Tingkatkan Potensi Perikanan dan Wisata di Banyuwangi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 05 Sep 2023 09:52 WIB

Grajagan Festival Fishing 2023, Tingkatkan Potensi Perikanan dan Wisata di Banyuwangi

i

Event mancing di Banyuwangi yang bertajuk “Grajagan Festival Fishing 2023” disambut antusias para angler atau pemancing dari berbagai penjuru tanah air. SP/ BYW

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Spot mancing di Banyuwangi yang bertajuk “Grajagan Festival Fishing 2023” disambut antusias dari berbagai daerah bahkan hingga kancah internasional. Sekitar 450 angler atau pemancing dari berbagai penjuru tanah air.

Tak hanya angler dari daerah saja, bahkan sejumlah Angler Internasional. Di antaranya pemancing asal Malaysia, China, Australia, hingga Korea Selatan tersebut akan beradu skill dengan pemancing nusantara seperti Jakarta, Kudus, Surabaya, Kalimantan Timur, Bali, Sumbawa, Lombok, dan lainnya. 

Baca Juga: Gula Semut Organik Digemari Kalangan Menengah ke Atas

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengatakan Banyuwangi memiliki banyak fishing ground yang menjadi pusat nelayan dengan berbagai aktivitasnya. Terlebih, daerah ini punya garis pantai yang cukup panjang.

“Banyuwangi memiliki garis pantai sepanjang 175 km yang memiliki potensi perikanan tangkap dan wisata bahari yang luar biasa. Kami ingin memperkenalkan Banyuwangi sebagai surga sport fishing dan lumbung ikan laut di Indonesia,” ucapnya.

Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi, Alief R. Kartiono, menjelaskan kompetisi ini dibagi secara tim yang terdiri dari empat orang. Setelah dikelompokkan, terbagilah menjadi 110 tim yang akan memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Bupati Ipuk Minta Koordinasikan CSR Agar Tepat Sasaran

“Ada 80 tim dari luar Banyuwangi, bahkan banyak pula yang dari luar negeri. Mereka sangat antusias mengikuti kompetisi ini karena tantangannya besar dan pemandangannya indah,” imbuh Alief, Selasa (05/09/2023).

Hasil akhir pada kompetisi ini, Ikan tangkapan terbesar jatuh kepada tim PNC Surabaya dengan jenis ikan kurisi bagong dengan berat total 21,2 kg. Hasil tersebut merupakan rekor baru dalam sejarah Grajagan Fishing Festival, karena dua kali lipat dari pemenang tahun lalu.

Disusul, tim Sumber Jaya, Jember dan Fishing Wisata Banyuwangi yang mendapat ikan jenis GT dan tuna gigi anjing dengan berat masing-masing 10,9 kg dan 8,2 kg.

Baca Juga: Ribuan Satlinmas di Banyuwangi Dilibatkan dalam Pemilu 2024

Diketahui, tak hanya event spot memancing saja, namun, "Grajagan Fishing Festival 2023" juga menggelar berbagai kegiatan sosial. Di antaranya, pemberian sertifikat atas hak tanah, dan asuransi BPJS kepada 300 nelayan setempat. 

Fishing Festival 2023, juga turut melibatkan pelaku investasi PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Operator tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, ini memang rutin menggelontorkan program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau yang biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR), khususnya dalam mendukung tumbuh kembang sektor pariwisata daerah. byw-01/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU