Gresik Gagas Pembukaan Toko Tani Centre

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Apr 2021 12:33 WIB

Gresik Gagas Pembukaan Toko Tani Centre

i

Wabup Aminatun Habibah didampingi Kadistan Gresik saat meninjau stand pameran pangan murah berkualitas.SP/M.AIDID

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Pemkab Gresik berencana membuka Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Gresik Centre. Lokasinya di Jalan Wahidin Sudirohusodo tepatnya di gedung Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Kecamatan Kebomas, depan kantor KPU Gresik.

Untuk merintisnya, dinas pertanian setempat melakukan kegiatan gelar pangan murah berkualitas di belakang kantornya. Gelaran ini direncanakan selama 4 hari, 6-9 April 2021. Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min), Selasa (6/4).

Baca Juga: Melalui Mudik Gratis, Pemkab Gresik Jemput 326 Santri Ponpes Tebu Ireng

Berbagai macam hasil produksi petani di display di stand pameran. Ada beras, sayur mayur serta beberapa produk makanan dan minuman yang berbasis hasil pertanian Gresik digelar disana dengan harga yang sangat murah serta kualitas yang baik.

Misalnya saja beras tipe IR 64 dengan kualitas medium non poles dijual dengan harga Rp43.000 dalam kemasan 5 kg. Beras tersebut ternyata cukup bagus dan pulen saat dimasak. Hal ini terlihat Ketika pihak panitia mencoba memasak beras tersebut dan dicoba oleh Wabup Bu Min.

“Enak, nasinya juga beraroma harum. Sebaiknya seluruh ASN yang ada di kompleks Pemkab Gresik ini  membeli beras disini, karena sangat bagus,” ungkap Wabup berpromosi.

Alasan Bu Min mempromosikan produk beras petani ini karena dia ingin agar petani Gresik bisa menikmati hasil produksinya dengan harga sesuai harga pasar.

Baca Juga: Pemkab Gresik Mulai Salurkan Bansos di 18 Kecamatan

“Memang program ini selain melaksanakan program nawa karsa Bupati Gresik yaitu Gresik agropolitan. Program ini juga bertujuan untuk stabilitas harga pangan dengan mengurangi disparitas harga”. Kata Bu Min.

Menurutnya, salah satu caranya memperpendek distribusi, yang mulanya melalui 6 sampai 7 titik distribusi. Dengan program ini bisa menjadi hanya 2 sampai 3 titik distribusi. Hal ini selain menguntungkan masyarakat, petani juga untung karena produksinya bisa dijual sesuai harga pasar.

Melihat produk pertanian Gresik yang bermutu baik ini, Bu Min menggagas selanjutnya produk tersebut bisa dipasarkan di beberapa supermarket di Gresik.

Baca Juga: Gresik Raih Tiga Penghargaan Dalam Top BUMD Awards 2024

“Beberapa saat yang lalu, Bupati sudah menandatangani MoU dengan salah satu supermarket yang punya banyak gerai di Gresik. Semoga nanti bisa kita laksanakan,” harapnya optimis.

Eko Anandito Putro, Kepala Dinas Pertanian Gresik mengatakan, gelaran pasar murah berkualitas ini akan menjadi cikal bakal Pasar Mitra Tani/Toko Tani Gresik Centre.

“Pada kegiatan ini kami mengikutkan para petani program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat yang tersebar di delapan Kecamatan di Gresik. Semoga upaya ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani” katanya. did

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU