Grup F Paling Ketat, Spanyol Bisa Tersingkir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 20 Jun 2021 21:12 WIB

Grup F Paling Ketat, Spanyol Bisa Tersingkir

i

Kemenangan Jerman atas Portugal ini membuat peluang Die Mannschaft untuk lolos makin terbuka. SP/Epa/Markus Schmidt

Otak Atik Siapa yang Lolos ke Babak 16 Besar

 

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Mulai minggu ini, Piala Eropa sudah memasuki matchday ketiga. Hingga matchday kedua, sudah tiga tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar. Yakni Italia, Belgia dan Belanda. Sementara, 13 tim lainnya masih harus ditentukan dalam matchday ketiga. Yang paling panas, yakni grup F. Baik Prancis, Jerman, Portugal dan Hungaria memiliki peluang lolos. Bahkan bisa ditentukan dengan peringkat tiga terbaik. Lantas bagaimana menentukan peringat tiga terbaik?

Sejak edisi Euro 2016, format turnamen bergengsi itu memang berubah. Jumlah tim peserta bertambah menjadi 24 sehingga bakal ada babak 16 besar setelah fase penyisihan grup. Jika 12 tim yang merupakan juara dan runner-up tiap grup dipastikan lolos ke 16 besar, lalu tim mana yang berhak mendapatkan empat tiket sisa di perdelapanfinal? Empat tim sisa yang akan tampil di babak 16 besar diambil dari peringkat tiga terbaik.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

Untuk menentukan peringkat dalam klasemen di babak grup. Dimana aturan UEFA yakni 1. Jumlah poin,  2. Selisih gol, 3. Produktivitas gol, 4. Jumlah kemenangan, 5. Jumlah hukuman kartu, dan 6. Peringkat atau ranking koefisien UEFA.

Kemudian untuk menentukan peringkat 3 terbaik, seluruh peringkat ketiga dari semua grup akan dimasukkan ke dalam klasemen virtual.

Kemudian peringkat dari enam tim tersebut akan ditentukan dengan kriteria sebagai berikut:  1. Jumlah poin lebih tinggi,  2. Unggul selisih gol, 3. Jumlah gol yang yang lebih banyak,  4. Poin kedisiplinan atau fair play point (paling sedikit dapat kartu di fase grup), 5. Posisi dalam peringkat koefisien timnas UEFA  (saat turnamen tengah berlangsung).

Baca Juga: Garuda Disingkirkan Australia, Meski Gameplay Timnas Sudah Berkembang

Lantas bagaimana peluang hitung-hitungan yang akan lolos? Berikut otak atik peluang di tiap grup Piala Eropa kali ini. rmc

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU