Gubernur Gowes dan Tinjau Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Apr 2021 18:59 WIB

Gubernur Gowes dan Tinjau Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

i

Caption: Gubernur Jatim Khofifah melihat langsung IKM pembuatan Shuttlecock. SP/MUHAJIRIN KASRUN

 

SURABAYA PAGI, Lamongan - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Minggu (4/4), melakukan gowes di Lamongan, sambil melihat langsung pemulihan ekonomi pasca pandemi, salah satunya mengunjungi IKM (Industri Kecil Menengah) shuttlecock di Sidodadi.

Baca Juga: Mentan Bolak Balik ke Lamongan Ingin Pastikan Programnya Terealisasi

Saat di Lamongan Gubernur pertama di Jawa Timur ini menyebutkan, bahwa salah satu andalan Lamongan adalah sektor pertanian dan UMKM nya. Lamongan memiliki IKM shuttlecock dengan proses produksi berbasis wilayah yang menurut Khofifah sangat luar biasa, karena mampu menciptakan brand yang tidak cukup hanya 1, namun 2 brand dapat dimunculkan.

"56,94 persen hampir 57 persen tulang punggung atau backbone dari PDRB Jatim adalah UMKM dan salah satunya adalah industri-industri kecil menengah, ini IKM shuttlecock yang ada di Lamongan ini luar biasa," jelasnya. 

Kenapa shuttlecock ini luar biasa lanjut Khofifah, karena pembuatan shuttlecock ini berbasis wilayah, jadi hampir satu desa, tapi mereka tidak punya brand, ini satu produk punya 2 brand, mix max dan LA Cock. "Oleh karena itu saya mohon nanti Pak Bupati terus memberikan pendampingan, penguatan," ucap Khofifah.

IMG-20210404-WA0051IMG-20210404-WA0051

IKM suttle cock milik Edi Suyanto ini mampu menyerap 120 tenaga kerja, yang terbagi dua yakni pekerja di tempat dan di rumah. Usaha ini mulai beroperasi sejak 2005 dan mulai berkembang pada 2007 serta maju pesat mulai 2010 hingga kini. Usaha ini sudah menggunakan mesin otomatis, termasuk alat penguji produk dengan pemasaran melalui pihak ketiga, yang terbesar Jakarta dan Makassar.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Selain meninjau UMKM Lamongan, Gubernur Jatim dan Bupati Lamongan juga mengkampanyekan penggunaan masker dengan membagikan sembako dan masker di Pasar Sidoharjo. Selain itu, juga menggelar talk show di Radio Prameswara Lamongan dengan tema upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19.

Dalam talk show ini, Gubernur Khofifah bersama instansi vertikal baik Bupati Yuhronur Efendi (YES),  Kepala BPS Jatim Dadang Hardiawan, Kepala Perum Bulog Divre Jatim Khozin, dan Dirut PT Bank Jatim Busrul Iman bersinergi mengupayakan percepatan pemulihan ekonomi serta penanganan covid-19.

IMG-20210404-WA0041IMG-20210404-WA0041

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Berbicara tentang upaya dalam membangkitkan ekonomi, Pemerintah Jatim telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan kemudahan dalam permodalan usaha, pemasaran, serta administrasi pengajuan kredit. Hal ini diharapkan mampu menjadi penyemangat dalam membangkitkan gairah masyarakat untuk bersama-sama beriringan memulihkan perekonomian meski di masa pandemi covid-19.

Tidak hanya membahas terkait pemulihan ekonomi, Gubernur juga mengajak masyarakat untuk tetap semangat dan mematuhi protokol kesehatan, terlebih di bulan Ramadhan nanti, agar ibadah yang dilakukan tidak sekedar khusyu' tetapi juga aman dan tetap terlindungi.

"Memang pandemi covid ini proses pemulihan ekonominya harus digerakkan bersama, semangat yang ada di sini, mudah-mudahan terus terjaga dan terus sukses kedepannya," imbuh Khofifah.jir

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU