Gubernur Jatim Kukuhkan KDEKS Jatim Periode 2022-2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Des 2022 09:35 WIB

Gubernur Jatim Kukuhkan KDEKS Jatim Periode 2022-2024

i

Pengukuhan KDEKS Jatim Provinsi Jawa Timur Periode 2022-2024 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (15/12/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jawa Timur Periode 2022-2024 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Kamis (15/12/2022) sore.

Dalam kesempatan itu, Khofifah mengatakan yang menjadi salah satu pekerjaan rumah adalah percepatan mewujudkan lebih banyak lagi RPH (Rumah Potong Hewan) halal dengan memanfaatkan Juleha (Juru Sembelih Halal) yang dipunyai. Selain itu, fasilitasi sertifikasi halal pada produk - produk UMKM dengan memberikan support pada laboratorium,dan  juga harus dibangun sinergitas antara semua elemen-elemen strategis yang bisa mendukung dewan ekonomi dan keuangan ekonomi syariah.

Baca Juga: Khofifah : Antusiasme Warga jadi Penentu Masa Depan Bangsa

Usai pelantikan, Khofifah berharap komite ini langsung bekerja karena dihadapkan beragam tantangan terkait perwujudan ekonomi syariah di Jatim.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak ditunjuk sebagai Direktur Eksekutif KDEKS Jatim. Menurut Emil, starting poin perwujudan ekonomi syariah di Jatim sudah luar biasa. Pasalnya saat ini,  Jatim memiliki 38 halal center dengan 5.000 pendamping yang memiliki sertifikasi halal. Selain itu juga sudah ada 55 RPH, empat lembaga pemeriksa halal, meliputi di MUI dan beberapa kampus, lembaga surveyor dan Sucofindo.

Jatim juga sudah memiliki kawasan industri halal. Di tahun 2021, Khofifah menerbitkan surat edaran pembentukan pusat halal Jawa Timur tentang Opop dan ecotrend yang baru saja  mendapatkan penghargaan sebagai salah satu inovasi daerah terbaik tingkat nasional.

Baca Juga: Khofifah: Jatim Pusat Kemenangan Prabowo

"Dengan modal ini kita meyakini bahwa tugas dari komite ini adalah melanjutkan apa sudah dirintis gubernur," kata Emil.

Emil menambahkan bahwa Khofifah berpesan agar Perda mengenai Bank Jatim Syariah harus segera ditindaklanjuti, sertifikasi halal segera bisa digenjot, dimaksimalkan, dan ditingkatkan.

"Untuk sertifikasi halal ini, kita berharap sistem safety clear itu bisa berjalan dengan optimal," ujarnya.

Baca Juga: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jatim Dukung Khofifah di Pilgub 2024

Untuk diketahui, kelembagaan ekonomi dan keuangan syariah daerah merupakan salah satu dari 13 Program Prioritas KNEKS Tahun 2022. Program prioritas 2022 ditetapkan pada Rapat Pleno KNEKS, 30 November 2021 lalu, oleh Wakil Presiden selaku Ketua Harian KNEKS.

Kelembagaan ini merupakan salah satu infrastruktur pendukung dalam ekosistem ekonomi syariah yang berfungsi sebagai katalisator untuk mempercepat pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di daerah dalam upaya mencapai visi Indonesia sebagai pusat halal dunia tahun 2024. lan

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU